Jelang Takbiran, Pusat Kota Yogya Masih Lengang

YOGYA, KRJOGJA.com – Arus lalu-lintas di pusat Kota Yogyakarta terpantau masih cukup lengang di hari terakhir bulan Ramadhan, Sabtu (24/6/2017) sore. Belum terlihat kepadatan kendaraan yang masuk ke kawasan Malioboro dan sekitarnya menyambut malam takbiran yang sedianya berlangsung malam nanti. 

Berdasar pantauan KRjogja.com sejak pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB ruas jalan mulai Urip Sumoharjo, Jendral Sudirman hingga Abu Bakar Ali arah masuk ke Malioboro terpantau lancar dan cenderung lengang dibanding hari biasa. Di Kleringan yang biasanya menjadi lokasi kendaraan masuk ke Malioboro pun tak terlihat antrian baik roda dua maupun empat. 

Sementara di sepanjang Jalan Malioboro, arus lalu-lintas kendaraan terpantau ramai lancar. Keramaian terjadi lebih dikarenakan adanya kendaraan khususnya roda empat yang berjalan pelan bahkan tak jarang menurunkan penumpang di kawasan yang seharusnya tak memperbolehkan untuk stop tersebut. 

Sementara untuk mengantisipasi keramaian yang mungkin terjadi malam nanti, petugas kepolisian dari Dirlantas Polda DIY melalui Lantas Polresta Yogyakarta dan Dinas Perhubungan DIY telah membuat beberapa rekayasa seperti di seputaran Kridosono dengan memasang water barier dan pagar pembatas. Apabila terjadi antrian mengular maka kendaraan akan diminta berputar melalui Jalan Ahmad Jazuli baru berputar stadion Kridosono dan masuk kembali ke Abu Bakar Ali menuju Malioboro. 

Begitu juga di Jalan Mataram, pagar pembatas juga telah dipasang untuk antisipasi kepadatan lalu-lintas yang kemungkinan terjadi malam nanti.  Dinas terkait juga memasang banyak petunjuk arah di Kota Yogyakarta agar pengguna jalan tak kebingungan apabila terjadi pengalihan jalur. "Tujuannya agar pengguna jalan tak bingung, bisa langsung menuju arah jalur tujuan, kita sudah pasang dan harapannya apabila terjadi kepadatan lalu-lintas bisa cepat terurai," ungkap Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY Gatot Saptadi. 

Berdasar informasi adanya takbir di kawasan Alun-Alun Utara dan Selatan malam nanti, beberapa ruas jalan juga mengalami buka tutup mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB seperti Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Nyai Dahlan, Jalan Langenastran, Jalan Ngasem dan seputaran Jeron Beteng. Diharapkan pengguna jalan memperhatikan hal tersebut agar tak salah arah karena penutupan jalan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI