Jemaah DIY Mulai Tiba 27 September

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Meski pemulangan jemaah haji sudah dimulai, namun jemaah DIY yang tergabung di 6 kloter saat ini masih di Tanah Suci. Mereka akan diterbangkan dari Jeddah mulai Senin 26 September dan tiba di Yogya Selasa 27 September. Jemaah DIY tergabung di kloter 23 SOC, 24 SOC, 25 SOC, 26 SOC, 27 SOC, dan 29 SOC.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY Drs Noorhamid MPdI kepada KR, Senin (19/09/2016) mengatakan, setelah mendarat di Bandara Adisumarmo akan dilakukan penyambutan di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Pada kesempatan ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo akan menyerahkan para jemaah kepada kepala daerah masingmasing, bupati/walikota atau yang mewakili.

Selanjutnya, jemaah dibawa ke daerah masing-masing dan dilakukan penyambutan sesuai kondisi kabupaten/kota masing-masing sesuai jadwal. Sedang para keluarga diminta menjemput di kota/kabupaten masing-masing, sesuai saat berangkat. Untuk itu mereka akan mendapatkan undangan.

Noorhamid menambahkan, jumlah jemaah DIY tahun ini 2.480 orang. Di Tanah Suci, satu orang meninggal menjelang wukuf di Padang Arafah, yaitu Djumirah Kerto Temon (81) Kloter 24 SOC warga Pogung Lor RT 08 RW 47 Sinduadi Mlati Sleman. “Insya Allah nanti jemaah haji DIY yang pulang 2.479 orang,” tambahnya.

Terpisah Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Bantul Drs H Bambang Inanta, menjelaskan, jemaah asal Bantul sebanyak 668 orang. Mereka terbagi di 2 kloter, yakni kloter 24 SOC sebanyak 318 orang dari KBIH Aisyiyah, Hajar Aswad dan mandiri, dan kloter 26 SOC sebanyak 350 orang dari KBIH Multazam, Musliman NU, Bina Umat, Arafah dan Rindu Ka’bah.

H Bambang Inanta mengimbau kepada keluarga jemaah haji yang akan menjemput di Pendapa Parasamya tidak perlu berbondong-bondong dan berjubel di pintu masuk halaman pendapa, apalagi membawa barang berharga atau perhiasan. Karena bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan, seperti pencopet yang sering beraksi setiap ada kepulangan jemaah haji. (War/Jdm/*)

BERITA REKOMENDASI