Jembatan Baru Kusumanegara Diuji Coba Pekan Depan, Berikut Skemanya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Setelah selesai dibangun pada akhir 2019, operasional jembatan baru Jalan Kusumanegara di atas Sungai Gajah Wong akan mulai diujicobakan pada Senin (26/4) lusa. Rekayasa lalu lintas akan diterapkan di beberapa luas jalan untuk mendukung operasional jembatan baru dan keselamatan lalu lintas pengendara.

“Kami sudah koordinasi dan ada kesepakatan bersama dengan Polresta Yogya terkait uji coba jembatan baru akan dilaksanakan Senin (26/4),” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogya Agus Arif Nugroho, Jumat (23/4) seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Agus menjelaskan pengaturan lalu lintas di atas jembatan baru sama dengan rencana awal yaitu tiap jembatan berlaku satu arah. Lalu lintas kendaraan dari timur ke barat di Jalan Kusumanegara harus melewati jembatan baru di sisi selatan. Sedangkan jembatan di sisi utara atau lama untuk lalu lintas kendaraan dari barat ke timur.

“Arus lalu lintas dari barat yang melewati jembatan lama tidak dapat berbelok ke selatan ke Jalan Kebun Raya atau arah kebun binatang (Bonbin) Gembira Loka Zoo. Tapi harus terus ke arah timur. Ini untuk aspek keamanan dan keselamatan pengendara,” terangnya.

Begitu pula pengendara dari Jalan Kebun Raya tidak boleh lagi berbelok ke kanan atau arah timur, melainkan wajib ke kiri melalui jembatan baru. Untuk simpang empat SGM arus lalu lintas dari utara ke timur atau dari Jalan Kenari yang sebelumnya bisa langsung berbelok kiri ke timur berubah menjadi mengikuti lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

“Ketika jembatan baru sudah dioperasikan, maka kendaraan dari sisi timur jembatan sudah tidak bisa untuk crossing

kendaraan (berbelok menyeberangi jalan). Itu bisa membahayakan sehingga akan kami halau,” jelas Agus.

BERITA REKOMENDASI