Jembatani Akademik dan Industri, Huawei Gandeng UGM

YOGYA, KRJOGJA.com – Perusahaan global penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi Huawei menjalin kerjasama dengan UGM melalui program SmartGen 2018. Mengambil lokasi Perpustakaan Sekolah Vokasi UGM, Kamis (25/10/2018) Huawei mengajak 250 mahasiswa UGM mengikuti seminar bertajuk tantangan big data dan cyber security. 

Panji Pratama, Humas PT Huawei Tech Investment mengatakan selain seminar nantinya para mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin ilmu akan diajak mengikuti sertifikasi Huawei Information Network Academy (HAINA). Menurut dia, gelaran SmartGen 2018 diharapkan mampu menjadi jembatan penghubung dunia kerja dalam arti industri dengan kampus. 

“Adanya sertifikasi HAINA ini secara tidak langsung mendekatkan kampus dengan dunia kerja dalam hal ini Huawei. Nantinya ketika lulus kuliah dan bersiap masuk dunia kerja maka teman-teman mahasiswa di UGM sudah punya bekal softskill yang jadi pertimbangan utama perusahaan,” ungkapnya dalam temu media Rabu (24/10/2018). 

Dalam kesempatan pertemuan dengan mahasiswa UGM, pihak Huawei nantinya juga akan melaksanakan walking interview bagi mahasiswa untuk keperluan magang dan rekruitment calon tenaga ahli. “Kami tujuannya memang menjadi jembatan, permintaan pekerja sangat besar terutama di bidang IT harus dibarengi dengan suplai SDM-nya dan salah satu caranya adalah datang langsung ke kampus,” tandasnya. 

Huawei sendiri mengaku memiliki konsern untuk mengembangkan SDM di Indonesia untuk semakin akrab dengan penguasaan teknologi masa depan. Terlebih saat ini persaingan dunia semakin berat setelah masuknya masa revolusi industri 4.0. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI