JETM 2016 Kembangkan Pariwisata Tradisi Leluhur

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Jogja Travel Mart (JTM) akan kembali digelar pada tahun ini untuk membawa Yogyakarta yang kaya akan kemegahan tradisi dan warisan leluhur kepada dunia internasional. Pelaksanaan JTM pada tahun ketujuh ini memiliki keistimewaan karena JTM akan berkolaborasi dengan East Asia Inter-Regional Tourism Forum (EATOF).

“Pelaksanaan JTM pada tahun ke tujuh ini istimewa karena akan berkolaborasi dengan EATOF yaitu suatu forum kepariwisataan yang anggotanya merupakan 10 negara di Asia Timur dan Asia Tenggara, itu kenapa tahun ini namanya JETM,” ujar Sekertaris Jogja EATOF Travel Market (JETM) 2016, Wahyu Wikan Trispratiwi dalam press conference JETM 2016, Jumat (16/09/2016).

Anggota dari EATOF adalah Yogyakarta, Filipina, Malaysia, Mongolia, Jepang, Korea, China, Laos, Vietnam, dan Kamboja. Sedangkan JTEM 2016 memiliki tema ‘Save The Heritage’  bertujuan untuk mempertemukan antara para seller industri pariwisata yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya dengan buyer (travel agent) dari seluruh penjuru dunia untuk membuat paket-paket perjalanan wisata yang menarik dan kompetitif.

Alasan JTEM 2016 menggunakan tema itu karena ingin mengeksplor dan memperkenalkan peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Yogyakarta kepada wisatawan mancanegara. “Contohnya begini, kalau wisatawan ke Kotagede biasanya hanya untuk melihat perak dan batik saja padahal di sana banyak peninggalan sejarah berupa bangunan-bangunan. Dengan adanya paket-paket perjalanan tersebut diharapkan dapat mengeksplor dan memperkenalkan peninggalan-peninggalan tersebut pada wisatawan mancanegara,” ujar Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Udhi Sudiyanto.

Beberapa peserta JTEM 2016 adalah hotel dan travel dari Yogyakarta dan sekitarnya, perusahaan swasta besar dan menengah di bidang pariwisata, anggota asosiasi bisnis dan jasa terkait dan lembaga riset bidang kepariwisataan kuliner dan pengawasan pangan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk merepresentasikan segala macam produk dan potensi pariwisata di Yogyakarta sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjalin interaksi bisnis yang tepat baik skala nasional maupun internasional. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI