Jika Cak Imin Maju Cawapres, Ini Pesan Sineas Fajar Nugros

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sineas Fajar Nugros menjadi salah satu pembicara dalam dialog Kebudayaan Adalah Panglima Guyon Guyub dan Dialog Aku Ini Binatang Jalang bersama Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Muammar Emka dan Eros Djarot di Angkringan JAC Pendopo Ndalem Jumat (13/4/2018) malam. Sutradara yang baru saja memperkenalkan film berjudul Terbang ini pun membawa pesan khusus bagi Cak Imin jika benar-benar maju menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo di pemilu 2019. 

Fajar Nugros yang sepuluh tahun terakhir berkarya membuat film mengungkap bahwa saat ini industri film tanah air yang seharusnya menjadi agen kebudayaan, masih mengalami kesulitan. Tuntutan industri layar lebar yang berkiblat pada Hollywood membuat porsi film tanah air menjadi minim jam terbang. 

“Film saya yang terbaru, Terbang hanya diberi 50 layar di seluruh Indonesia dari total 2000 lebih, ini sangat sedikit sekali jika dibandingkan. Pun kemudian karena minggu depan ada Avengers ya mau tidak mau harus turun layar, dan ini dialami banyak film Indonesia,” ungkapnya. 

Tak heran kemudian Fajar Nugros menitipkan masa depan perfilman Indonesia apabila Cak Imin benar-benar maju menjadi cawapres. “Saya bersyukur ketemu Cak Imin yang baliho saya lihat di banyak kota yang saya kunjungi. Saya titipkan masa depan film Indonesia agar film bisa jadi budaya di Indonesia,” sambungnya. 

Fajar Nugros yang tahu betul bagaimana membuat film dengan investor perorangan dan bersama produser kenamaan tanah air merasakan kegelisahan keberlanjutan film Indonesia. “Di India kalau film dalam negeri seperti Mohabatein, bisa tayang lama hingga satu tahun tapi di Indonesia. Saat ini bioskop di luar yang berjejaring 21 itu sudah tidak ada dan film Indonesia harus bersaing dengan film Hollywood kalau mau tayang di 21. Ini murni industri dan saya titipkan kegelisahan ini ke Cak Imin,” ungkapnya lagi. 

Dialog semalam berlangsung cukup cair, dimana peserta duduk lesehan di atas tikar. Trio standup comedian SelosoSelo Awang,Anang dan Alit pun semakin memeriahkan suasana malam. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI