Jika Premium Dihapus, Pemda DiY Siapkan ‘Satpras’

YOGYA (KRjogja.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY hanya mampu memfasilitasi program pemerintah dalam rangka mengurangi konsumsi Premium bukan menghilangkan sama sekali karena bertahap. Pemda DIY memastikan kesiapan sarana dan prasarana (satpras) atau infrakstrukturnya serta kesiapan masyarakat DIY apabila nantinya Premium akan dihilangkan.

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral  Dinas PUP-ESDM DIY,  Ir Edi Indrajaya menyampaikan berdasarkan data yang disampaikan PT Pertamina (Persero), daerah-daerah lainnya sudah mulai berkurang signifikan konsumsi Premium. Sementara di DIY konsumsi Premium masih tinggi daripada konsumsi BBK.

"Jangan sampai nanti kita tidak siap jika Pemerintah Pusat betul-betul akan menghilangkan Premium. Jadi kita minta Pertamina untuk menata dan para pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di DIY mempersiapkan infrastrukturny terutama tangki pendamnya," tutur Edi kepada KRjogja.com di Kompleks Kepatihan, Kamis (4/8).

Edi menyampaikan Pertamina telah berkoordinasi untuk pengembangan produk bahan bakar khusus (BBK) terutama Pertalite. Pertamina tentunya sudah mempersiapkan pasokan BBK dan mulai membatasi pembelian Premium dengan jeriken mulai 1 Agustus 2016 di DIY. "Premium akan dikurangi, DIY harus siap yang jelas tidak ada kelangkaan bahan bakar untuk kendaraan bermotor meskipun nantinya menggunakan BBK, kecuali daerah-daerah terpencil," katanya. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI