Jogja Heboh 2019, Pameran IKM Pemula Dibuka Hari Ini

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY akan memperkenalkan produk industri kecil menengah (IKM) pemula di bidang pengolahan pangan, kerajinan kayu/bambu dan furniture, serta program kemitraan dalam Pameran Perindustrian di Malioboro Mall Yogya, 14-18 Februari 2019.  Pameran Perindustrian yang menjadi rangkaian event Jogja Heboh 2019 ini diharapkan dapat lebih mengenalkan dan meningkatkan jalinan bisnis kemitraan serta nilai jual produk IKM baru di DIY guna membuka akses pangsa pasar domestik.  

Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta mengatakan, pameran yang dibuka Kamis (14/2/2019) hari ini, untuk memberdayakan IKM agro melalui kemitraan usaha dengan sektor industri yang skala ekonominya lebih tinggi atau dengan sektor lainnya. "Pameran melibatkan 37 IKM untuk tes pasar dan 50 IKM dalam forum kemitraan. IKM yang menjadi peserta terdiri IKM pengolahan pangan, barang dari kayu/bambu dan furniture. Kegiatan ini sangat dinantikan IKM baru untuk memperkenalkan produknya baik bagi konsumen perantara maupun konsumen akhir," kata Aris kepada KRJOGJA.com di kantornya, Rabu (13/2/2019) malam. 

Aris menjelaskan, pameran perindustrian ini bertujuan memperkenalkan produk IKM pemula ke pasar lokal, regional dan nasional serta mempromosikan potensi komoditas unggulan untuk mencari peluang pasar produk industri agro di DIY. Kegiatan ini juga bisa menciptakan wahana interaksi bisnis langsung antara IKM industri agro dengan konsumen sekaligus menguji kualitas dan desain produk IKM pemula di DIY. 

"Kami harapkan daya saing dan akses pasar IKM pemula di DIY meningkat dalam pameran tersebut, terutama meningkatkan nilai tambah atau nilai jual hasil produksi IKM agro pemula. IKM pemula bisa juga memperluas jejaring bisnis melalui kemitraaan usaha dengan sektor industri lainnya," tambah Aris. 

Mantan Kepala Dinas Pariwisata DIY ini menambahkan, ajang pameran perindustrian ini tidak hanya diisi tes pasar, tetapi juga digelar forum kemitraan menghadirkan sejumlah narasumber dan penyeleksi produk, di antaranya Toko Progo, Hamzah Batik, Ramai Mall, Pamella dan sebagainya untuk menyeleksi produk IKM dan menetapkan yang berhak atau pantas menjadi mitra sesuai kriteria.(Ira)

BERITA REKOMENDASI