Jogja Heboh Bantu Pertumbuhan Ekonomi DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Agenda Jogja Heboh 2020 dinilai telah berjalan lancar dan mendapatkan respons yang bagus dari masyarakat hingga akhir Februari 2020. Jogja Heboh merupakan salah satu event untuk membantu menjaga pertumbuhan ekonomi DIY selama musim sepi wisatawan atau low season selama Februari hingga Maret 2020.

Ketua Panitia Jogja Heboh 2020 HR Gonang Djuliastono mengatakan kegiatan Jogja Heboh 2020 ini lebih panjang waktu pelaksanaannya dibandingkan tahun sebelumnya dari satu bulan menjadi dua bulan. Tidak tanggung-tangung, Jogja Heboh tahun ini didukung penuh oleh Pemda DIY dan Pemkab/Pemkot se-DIY.

“Jadi masing-masing kabupaten/kota se-DIY maupun provinsi ikut menyemarakkan berbagai agenda kegiatan yang ada di dalam ajang Jogja Heboh 2020. Setiap kabupaten/kota berpartisipasi dan ikut serta mengisi agenda Jogja Heboh sesuai dengan kekhasan masing-masing  yang diselaraskan dengan agenda event di kabupaten/kota selama Februari sampai Maret 2020,” papar Gonang kepada KR di Yogyakarta, Minggu (1/3).

Gonang mengaku dengan adanya Jogja Heboh tersebut bisa mensinergikan unsur pemerintah dengan pelaku usaha, kampus, komunitas serta masyarakat. Pihak panitia Jogja Heboh 2020 yang bertemakan atraksi, edukasi, budaya dan transaksi tersebut mengharapkan sektor pariwisata dan UMKM yang ada di DIY bisa naik kelas lagi di tingkat selanjutnya yaitu tingkat internasional.

“Puncak acara Jogja Heboh 2020 sekaligus penutupan akan dikemas dengan kegiatan Pesta Rakyat di halaman Stadion Kridosono mulai 26 hingga 29 Maret 2020. Pesta Rakyat ini berisi berbagai kegiatan seperti pameran stan UMKM kuliner, kerajinan dan fashion ala milenial, pangung pentas seni maupun aneka perlombaan,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY ini menambahkan di akhir acara Pesta Rakyat, akan diadakan Jogja Heboh Fashion Carnival. Kegiatan Pesta Rakyat ini mendapat dukungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Dinas Pariwisata (Dinpar), Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil (KUKM) DIY dan sebagainya.

“Pesta Rakyat ini akan dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Masih ada beberapa menteri yang akan memeriahkan Jogja Heboh Fashion Carnival tersebut beserta 500-an peserta lainnya,” tambah Gonang.

Satu bulan berlalu, agenda Jogja Heboh 2020 pada Maret ini tidak kalah menariknya dengan agenda-agenda sebelumnya selama Februari 2020. Jogja Heboh 2020 dalam bertransaksi mengenalkan aplikasi’jogjakita’yang dapat diunduh di playstore di ponsel gengam masing-masing. “Kita terus memantau sampai berapa
jauh perkembangan transaksi nontunai melalui aplikasi tersebut,” pungkas Gonang. (Ira)

BERITA TERKAIT