Jogja Hujan Angin Lagi, Beringin di Alun-Alun Utara Tumbang

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah DIY yakni Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul, Jumat (1/4/2022) sore. Belasan pohon dilaporkan tumbang termasuk satu beringin yang ada di kawasan Alun-Alun Utara Yogyakarta juga

Dari data TRC BPBD DIY hingga pukul 17.14 WIB dilaporkan wilayah paling banyak terdampak hujan angin kali ini ada di Kota Yogyakarta. Tercatat pula ada dua titik pohon tumbang di kawasan Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Tercatat ada 7 Kemantren yang terdampak yakni Gondokusuman, Gondomanan, Kraton, Danurejan, Jetis, Umbulharjo dan Ngampilan.

Dampak kejadian terdata berupa pohon tumbang (15 titik), rumah terdampak (2 unit), akses jalan (10 titik), kendaraan rusak (2 unit), hujan es (1 titik), baliho rusak  (2 titik), tempat usaha (1 titik), jaringan listrik (9 titik), jaringan telepon (5 titik) dan korban jiwa (nihil). Sementara di Sleman tercatat ada satu pohon tumbang di Sidokerto Purwomartani Kalasan.

Saat ini tim dari BPBD, TNI-Polri, Pemadam Kebakaran, PLN, Komunitas Relawan dan warga masyarakat masih melakukan penanganan. BPBD DIY meminta masyarakat melakukan peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Di kawasan Alun-Alun Utara, petugas gabungan dari BPBD Kota Yogyakarta hingga pukul 17.30 WIB masih berusaha melakukan evakuasi pohon tumbang yang lokasinya tak jauh dari Masjid Kauman itu. Pohon yang berdiameter hingga 2,5 meter itu tumbang menimpa jaringan instalasi listrik.

“Sampai pukul 18.10 ini listrik masih padam untuk kawasan Kauman. Semoga tidak terlalu lama, bisa diatasi dan bisa menyala kembali,” ungkap Ramadhan, salah satu warga Kauman. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI