Jogja Pass, Kartu Pintar Wisatawan ke Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY menggagas sebuah kartu pintar yang diberinama Jogja Pass. Kartu tersebut nantinya dapat digunakan untuk pembayaran Transjogja, lokasi wisata di Yogyakarta dan juga mesin minuman otomatis di kawasan wisata.

Kepala Diskominfo DIY, Roni Primantohari mengatakan Jogja Pass merupakan program yang dirancang untuk mendukung gerakan non tunai dan penegasan smart city yang digagas Pemda DIY. Menurut dia, predikat kota wisata yang disandang DIY membawa konsekuensi lantaran tuntutan mencari kemudahan dari wisatawan.

"Melalui Jogja Pass ini harapan kami nanti layanan wisatawan bisa terintegrasi melalui satu kartu, tidak perlu bawa uang cash kalau ke Yogya jadi semakin aman dan nyaman. Sementara ini kita kerjasama dengan Transjogja, wisata museum dan nantinya mesin-mesin minuman dan makanan di kawasan wisata," ungkapnya.

Jogja Pass sendiri saat ini sudah digunakan lebih dari 3000 orang meskipun baru sebatas kegunaan Transjogja. Namun ditargetkan tahun 2017 Diskominfo DIY akan bekerjasama dengan pihak pengelola objek wisata dan pengusaha souvenir dan oleh-oleh. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI