Jogja Plus Nation, Komunitas Mereka yang Bertubuh Plus ‘Size’

Editor: Ivan Aditya

BEBERAPA perempuan model bertubuh plus size yang lolos audisi fesyen runway Festival Payung Indonesia di Borobudur Magelang tahun 2018 saling bertemu. Di acara itu tebersit ide membuat komunitas untuk menjaga silaturahmi. Terbentuklah Jogja Plus Nation, komunitas bagi mereka yang bertubuh plus size.

Awalnya memang dari panggung peragaan busana, namun di komunitas ini tidak melulu membahas dunia fesyen dan modeling. “Ini wadah berkumpul dan tukar pikiran, berbagi info,” papar Sista Widya Ratnaningsih (29), bendahara Jogja Plus Nation.

Menurut Sista, misi visi Jogja Plus Nation mengedukasi masyarakat mengenai isu body shaming. Juga sebagai ajang berbagai informasi, pengalaman, cerita dan pikiran. Pun untuk pengembangan diri, serta bergerak di bidang sosial.

“Meski berawal dari runway, komunitas ini tidak fokus ke situ saja. Model masuk di pengembangan diri masing-masing di visi misi. Kalau ada anggota mau berkiprah di situ, ada tawaran menjadi model, itu urusan pribadi masing-masing. Komunitas ini tidak mewadahi atau menjembatani kegiatan itu. Tapi anggota lain akan selalu mendukung,” tambah Sista.

Berbagai program tertunda akibat pandemi Covid-19. Namun sempat mengadakan Gathering Guyup Bersama, Februari lalu. “Di situ kami ketemu lebih banyak teman, saling berbagi,” ujar Sista, tentor bimbingan belajar.

BERITA REKOMENDASI