Jogja Ramai Lagi! Dewan Minta Taati Protokol Kesehatan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Fenomena maraknya kegiatan masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah baik bersepeda maupun berolahraga di sepanjang Malioboro mendapat respon dari wakil rakyat di DPRD DIY. Fraksi PAN DPRD DIY mengapresiasi masyarakat yang mulai melaksanakan aktivitas, hanya saja meminta harus tetap menaati protokol kesehatan.

Ketua Fraksi PAN DPRD DIY, Atmaji mengatakan saat ini sangat sulit untuk melarang warga masyarakat untuk keluar rumah karena pemerintah tak punya dasar penegakan hukum. Satu hal yang bisa dilakukan yakni melakukan sosialisasi terus-menerus untuk meminta warga menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas.

“Terpenting saat ini bagaimana bisa menggugah kesadaran masyarakat. Jika pemerintah sendiri dinilai ambigu dalam menerapkan protokol kesehatan secara tegas untuk menindak fenomena warga yang beraktifitas di luar rumah maka hal yang wajar, maka sebaiknya dibiarkan saja. Hanya saja tetap di edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya protocol kesehatan covid-19, lha wong dasar hukumnya dalam situasi tanggap darurat tidak ada pasal penindakan pelanggaran protokol kesehatan,” ungkap Atmaji pada wartawan Senin (8/6/2020).

Di sisi lain meski mengapresiasi warga, Atmaji juga berharap agar masyarakat tetap berusaha menerapkan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan. Apalagi, saat ini DIY khususnya masih dalam fase transisi menuju normal baru yang aturannya masih disusun Pemda DIY.

BERITA REKOMENDASI