Jogja Ramai Liburan, Simak Tips Aman Berwisata dari Polda DIY

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat diminta waspada terhadap aksi kejahatan di tempat keramaian, terutama saat libur Tahun Baru 2020. Pusat keramaian sering dimanfaatkan pelaku kejahatan dengan berbagai modus untuk mencari korban.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK menjelaskan, personel polisi akan di tempatkan di pusat-pusat keramaian untuk mengantisipasi kejahatan. Ia juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap aksi kejahatan, antara lain gendam, copet dan pencurian di pusat keramaian.

"Saat berada di keramaian, jangan mengenakan perhiasan mencolok karena bisa memancing pelaku kejahatan," ujar Kombes Yuliyanto saat dikonfirmasi KR, Minggu (29/12).

Sebelum liburan, lanjut Yuliyanto, pastikan rumah dalam keadaan aman, baik dari bahaya kebakaran atau aksi pencurian. Pastikan jendela dan rumah terkunci dan nyalakan lampu jalan dan beberapa ruangan sebagai penanda, ada orang di rumah.

Selain itu, barang berharga juga terlebih dahulu disimpan di tempat yang aman. "Jika di rumah ada CCTV, pastikan berfungsi dengan baik. Selain itu, juga matikan kran air dan cabut aliran listrik dan tabung gas yang dapat memicu korsleting agar tidak terjadi kebakaran," urainya.

Sedangkan Kasat Lantas Polresta Yogya Kompol Yugi Bayu Hendarto SIK mengatakan, arus lalu lintas yang mengarah ke Malioboro padat sejak Sabtu (28/12) hingga Minggu (29/12). Mayoritas kendaraan yang masuk ke Malioboro bernopol dari luar daerah.

"Wisatawan yang berlibur akhir tahun ingin menikmati Malioboro. Hal itu menyebabkan arus lalu lintas ke Malioboro menjadi padat," kata Bayu.

Untuk arus lalu lintas dari arah jembatan Kleringan tidak boleh belok kanan. Namun kendaraan dilewatkan Stadion Kridosono untuk mengurangi antrean kendaraan yang akan masuk ke Malioboro.

"Kalau kendaraan dari jembatan Kleringan langsung ke kanan akan terjadi penumpukan. Oleh karena itu, pertigaan kami tutup dan kendaraan dialihkan untuk memutar ke Stadion Kridosono," terangnya.

Di samping Malioboro, tempat-tempat wisata juga dipadati wisatawan yang berkunjung ke Yogya, diantaranya Kebun Binatang Gembira Loka, Taman Pintar dan Kraton Yogya. Hal itu juga menyebabkan arus lalu lintas di kawasan wisata tersebut, padat. (Ayu/Sni)

 

BERITA REKOMENDASI