John Telis Ajak Warga Papua di Yogya Turut Ciptakan Kamtibmas

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota pelajar merupakan salah satu provinsi yang menjadi tujuan dari berbagai wilayah di Indonesia salah satunya Papua. Setidaknya ada sekita 3.000 mahasiswa asal Papua yang kuliah di Jogja, belum lagi yang sudah lulus kuliah namun menetap di kota ini.

Sebagai salah satu warga Papua yang tinggal di Yogya, John Telis Msen atau yang lebih akrab disapa John Biak mengungkapkan warga Papua yang kuliah di Yogya tersebar di 45 perguruan tinggi negeri maupun swasta. Mereka tersebar tinggal di 34 asrama serta ada beberapa yang tinggal kost mandiri.

John mengamati bahwa permasalahan yang terjadi di Papua memang menjadi sorotan nasional bahkah dunia internasional, namun permasalahan tersebut jangan dibawa ke Yogya. “Kita harus bisa memilah, di sini kita kuliah, belajar ada yang bekerja. Harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan dan budaya masyarakat Yogya, sehingga kita bisa menunjukkan bahwa kita orang Papua yang terpelajar,” ucap John, Jumat (09/04/2021).

Ia juga meminta kepada warga Papua yang tinggal di Yogya untuk siap turut serta dalam menciptakan situasi yang kondusif di wilayah ini. Warga Yogya selama ini telah menerima dengan baik sehingga hal itu juga harus diapresiasi dengan berbagai hal yang positif.

Menyikapi kejadian teror bom bunuh yang terjadi belakangan ini, John menegaskan mengutuk keras segala bentuk aksi terorisme. Ia juga mendukung penuh langkah-langkah Polri dalam upaya penanggulangan radikalisme dan terorisme. “Kami Papua, Kami Indonesia. NKRI Harga Mati”, pungkas John. (*)

BERITA REKOMENDASI