Jokowi Kurban Sapi Seberat 1 Ton untuk Warga Kalibawang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Istana kepresidenan Yogyakarta dan Gubernur DIY menyerahkan dua ekor sapi kurban, Kamis (30/07/2020). Sapi bernama Si Gombloh dan Sonar akan diserahkan ke Masjid Al Iman Pedukuhan Paras, Banjarsari Kalibawang Kulonprogo.

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara langsung oleh Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X di Kompleks Kepatihan. Selain dua sapi dari istana, diberikan pula tujuh ekor yang disebarkan ke beberapa masjid di wilayah DIY.

Sapi Gombloh akan disembelih di Gedung Agung sementara Sapi Sonar akan dibawa ke Kalibawang. Sulistyo Hadi, peternak dari Salam Wukirsari Cangkringan Sleman yang merawat Sonar sejak delapan bulan lalu mengungkap memberikan asupan yang terbaik bagi sapi persilangan jenis Simetal dan Limosin tersebut.

“Ini kalau Sonar harganya Rp 78 juta beratnya 1 ton. Saya rawat sejak delapan bulan lalu dan diberikan pakan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Sulistyo mengungkap makanan untuk Sonar terdiri dari beberapa macam termasuk hijauan seperti rumput. Peternak juga memberikan obat cacing secara rutin setiap tiga bulan sekali.

“Kami berikan dedak, ampas tahu, ketela dan konsentrat termasuk tambahan vitamin dan diberikan obat cacing tiga bulan sekali. Kesehatan sapinya dipastikan karena kemarin juga ada audisinya,” imbuh Sulistyo.

Sebanyak 7 sapi dari Pemda DIY Gubernur dan Wakil Gubernur diberikan pada Masjid Gede Kauman, Masjid Pura Pakualaman, Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta, Masjid Al Barokah Gayamharjo Prambanan, Masjid Al Amin Pengasih Kulonprogo, Masjid Nurul Huda Dlingo Bantul dan Masjid Al Muttaqin Gedangsari Gunungkidul. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI