Jumlah Kasus Terus Naik, Penanganan DBD Tetap Jadi Prioritas

YOGYA (KR) – Jumlah kasus dan kematian akibat wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) atau demam berdarah di DIY cukup tinggi mencapai 3.618 kasus dan 13 orang meninggal selama pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Selain pandemi, kondisi pancaroba pun memicu meningkatnya kasus demam berdarah di DIY, sehingga Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY senantiasa mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pemberantasan sarang nyamuk dengan gerakan 3M.

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan jumlah kasus dan kematian akibat demam berdarah di DIY trennya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tidak hanya pada saat kondisi cuaca yang memasuki pancaroba, namun sekaligus kondisi pandemi ikut mempengaruhi kenaikan jumlah kasus demam berdarah saat ini.

“Apalagi kondisi pancaroba seperti ini, masyarakat malah cenderung abai ditambah ada masa pandemi sehingga kemungkinan kasus demam berdarah naik. Untuk itu pencegahan hingga penanganan demam berdarah tetap menjadi prioritas,” ujar Pembajun di Yogyakarta, Selasa (27/4).

BERITA REKOMENDASI