Jumlah TKS di DIY Sangat Kurang

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS) yang tersertifikasi di DIY masih sangat sedikit. Dari 366 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) se-DIY, baru 57 orang TKS yang mengantongi sertifikat setelah menempuh pendidikan dan pelatihan peningkatan mutu layanan selama 2 bulan di Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) 'BK3S' DIY.

Ketua III Bidang Kerja Sama LKKS 'BK3S' DIY sekaligus koordinator penyelenggara diklat, Sugiyanto SSos MM mengatakan, jumlah ideal TKS ditentukan dari perbandingan jumlah klien (penyandang masalah sosial), yakni seorang TKS idealnya melayani maksimal 20 klien. "Kalau semisal dalam 1 LKS (panti) melayani 60 klien, maka idealnya jumlah TKS minimal 3 orang. Namun kondisi saat ini jumlah penyandang masalah sosialnya sangat banyak, tapi jumlah TKS sangat sedikit," ujar Sugiyanto kepada KRJOGJA.com disela acara penutupan diklat yang dibarengkan Syawalan di Kantor LKKS 'BK3S' DIY, Badran Yogyakarta, Rabu (27/6/2018). Diklat periode kedua (30 April-25 Juni 2018) meluluskan 26 TKS.

Menurut Sugiyanto, karena jumlah TKS bersertifikat sangat minim, menyebabkan banyak LKS merekrut tenaga sosial seadanya tanpa didukung kompetensi. Kondisi seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi, karena tanpa kompetensi, maka penanganan yang diberikan ke klien akan salah. "Saat ini masih banyak LKS yang tidak punya TKS, sehingga hasilnya pasti tidak sesuai standar peraturan yang berlaku," katanya.

Sugiyanto menyayangkan respons pemerintah dalam mengatasi kekurangan TKS, masih sangat lambat. Padahal keberadaan TKS sangat penting dalam menangani masalah sosial di tengah masyarakat. Kebanyakan diklat-diklatnya pun dilakukan secara mandiri dan swadana. "Perhatian pemerintah terhadap TKS sangat perlu ditingkatkan, TKS bersertifikat seharusnya digaji oleh pemerintah," katanya.

Sugiyanto juga berharap pihaknya bisa mengakses Dana Keistimewaan (Danais) DIY untuk memperbanyak penyelenggaraan diklat serupa, karena berhubungan dengan pembangunan manusia yang berbudaya. Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi mendukung penuh upaya LKKS 'BK3S' DIY dalam meningkatkan mutu pelayanan TKS. (Dev)

BERITA REKOMENDASI