KA Prameks Terapkan Tiket Online Mulai Besok

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Reservasi atau pemesanan tiket kereta api melalui sistem online tidak hanya sebatas rangkaian jarak jauh. Mulai besok, Jumat (01/02/2019), kereta lokal khususnya KA Prameks tiketnya sudah bisa dipesan melalui sistem online atau pun lewat aplikasi KAAccess.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Eko Budiyanto, mengungkapkan KA Prameks merupakan satusatunya kereta lokal yang akan menerapkan pemesanan online. “Kereta lokal yang sudah dipesan secara online sejauh ini baru di Bandung. Yogya akan mengawalinya per 1 Februari 2019 untuk KA Prameks,” urainya.

Sebelumnya, pemesanan tiket KA Prameks relasi Yogya-Solo-Kutoarjo tersebut sudah bisa dipesan sejak H-7 keberangkatan di loket stasiun. Pemesanan di loket stasiun, satu orang bisa mengakses empat tiket. Sedangkan melalui sistem online, satu orang hanya bisa mengakses satu tiket dan bisa dilakukan sejak H7 keberangkatan.

Kebijakan diterapkannya sistem online untuk pemesanan tiket kereta lokal itu juga dimaksudkan untuk memudahkan calon penumpang sekaligus menjamin transparansi. Hanya, diakuinya masih banyak penumpang yang membeli tiket langsung saat hendak berangkat atau go show.

Namun demikian, ketika ketersediaan tempat duduk sudah terpesan melalui sistem online, otomatis tidak dapat diakses melalui go show. “Banyak sekali penumpang yang tidak kebagian tiket karena sudah habis dipesan. Mereka kerap mengadu karena sudah tiba di stasiun namun tiketnya habis,” tandasnya.

Eko mengaku, okupansi KA Prameks memang tergolong tinggi. Hal ini lantaran peminatnya selalu melebih daya tampung yang disediakan.

Padahal, dalam sehari KAI Daop 6 Yogya menjalankan 21 kali perjalanan dengan empat rangkaian kereta. Perjalanan paling padat ialah pada pagi dan sore hari saat jam berangkat serta pulang kerja.

“Rata-rata per hari ada 10.794 penumpang menggunakan KA Prameks. Tapi masih banyak yang tidak bisa terangkut. Kami betul-betul mohon maaf,” jelasnya.

Oleh karena itu dibutuhkan solusi agar kebutuhan akan moda transportasi lokal untuk YogyaSolo-Kutoarjo dapat dipenuhi. Menurut Eko, pemerintah sempat membangunkan rangkaian kereta listrik yang ditargetkan beroperasi tahun ini.

Akan tetapi, rencana itu masih belum direalisasikan meski tiang-tiang listriknya sudah tersedia di Solo. Pihaknya pun berharap agar rencana tersebut bisa segera direalisasikan. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI