Kader PINTAR Bakal Terima Penghargaan Dari Kementerian

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Peduli akan beri apresiasi kepada Kader Pandu Inklusi Nusantara (PINTAR) bakal digelar di Yogyakarta pada 6-8 November 2018 pada acara Temu Pandu Inklusi Nusantara. Kurang lebih 150 Kader PINTAR perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia akan hadir di Grand Mercure Yogyakarta.

Kader PINTAR dari Program Peduli yang fokus pada peningkatan inklusi sosial ini terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota masyarakat, aparat sipil negara, dan bahkan mereka yang pernah melakukan eksklusi. Mereka akan menerima apresiasi langsung dari  Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas dedikasi Kader PINTAR untuk kelompok marginal.

Selama ini Kader PINTAR telah membantu 20.000 orang dari kelompok marginal untuk memiliki identitas legal, mendapatkan akses bantuan sosial dan layanan publik serta terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan. Di Indonesia, ada 5000 Kader PINTAR yang terbagi dalam enam kelompok diantaranya : Kader yang melayani remaja dan anak-anak rentan; masyarakat adat dan lokal terpencil yang tergantung pada sumber daya alam; korban diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan berbasis agama; orang dengan disabilitas; dan korban pelanggaran hak asasi manusia dan restorasi sosial; dan terakhir transpuan.

“Untuk acara Temu Pandu Inklusi Nusantara ini berlangsung selama tiga hari. Hari pertama akan ada pembukaan dan sharing session. Pada hari kedua, siang harinya akan ada flash mob dan kunjungan ke desa-desa di Yogyakarta. Sedangkan malam harinya ada pemberian penghargaan pada Kader PINTAR. Terakhir, hari ketiga, para Kader PINTAR akan kami ajak untuk membuat rencana aksi.” Jelas Sheila Kartika Communication Officer Program Peduli pada acara Media Briefing di Grand Mercure Yogyakarta, Sabtu (03/11/2018). (Arum Utari)

 

BERITA REKOMENDASI