Kadin DIY Proaktif Dukung Percepatan Vaksinasi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY mengambil peran proaktif untuk percepatan vaksinasi sebagai bagian dari strategi memutus mata rantai penularan Covid-19 di DIY. Kadin DIY menilai guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi daerah harus didukung penuh oleh upaya serius untuk mengendalikan kasus Covid-19 melalui Testing, Tracing, Treatment dan Vaccination.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY Robby Kusumaharta mengatakan pihaknya telah melakukan vaksinasi massal dengan jumlah total tervaksinasi sebanyak 28.978 orang dari dunia usaha dan UMKM di JEC pada 20 hingga 24 Juni 2021. Langkah tersebut sebagai upaya Kadin DIY ikut berperan serta mengendalikan pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi massal tersebut telah ikut berkontribusi dalam meningkatkan jumlah capaian sasaran tervaksinasi di DIY secara signifikan. Efek penyelenggaraan vaksinasi yang ramah dan mudah telah berkontribusi membentuk kesadaran kolektif akan pentingnya vaksinasi,” tuturnya di Yogyakarta, Jumat (30/7).

Robby menyatakan masyarakat secara umum tidak lagi memiliki ketakutan dan keraguan untuk vaksinasi Covid-19. Harapan bersama adalah segera terbentuknya kekebalan komunitas atau herd immunity sehingga sistem kesehatan di DIY kembali berada pada daya dukung optimal untuk mengatasi dampak pandemi sebagai prasyarat pemulihan ekonomi.

“Komitmen gotong royong para pengusaha yang terhimpun dalam Kadin DIY agar vaksinasi bagi dunia usaha dan UMKM bisa segera terwujud di DIY cukup kuat. Sehingga pelaksanaan percepatan vaksinasi kembali dilakukan bagi sekitar 20.000 orang baik dari dunia usaha maupun UMKM serta masyarakat umum akhir Juli 2021 ini,” tandasnya.

Ditambahkan Robby, gotong royong penyelenggaraan vaksinasi ini diharapkan pula bisa menjangkau UMKM dan masyarakat di DIY lebih luas lagi khususnya bagi yang mengalami kesulitan vaksinasi. Kolaborasi dan sinergi ini juga merupakan ekspresi solidaritas sosial dan nilai kemanusiaan bersama sebagai bagian aktor pentahelix untuk melakukan penanganan Covid-19 secara efektif dan efisien di DIY.
“Kadin DIY sendiri telah membentuk kelompok kerja guna menangani dampak dari pandemi sejak 2020 yang disebut Jogja Economic Resilience for Covid-19 (JERCovid). Salah satu program yang dijalankan adalah vaksinasi agar segera mencapai herd immunity di DIY,” pungkasnya. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI