KAI Terjunkan Anjing Pelacak Jaga Stasiun Tugu

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 6 Yogyakarta bekerjasama dengan Polda DIY menyiagakan pasukan K-9 selama masa angkutan liburan Natal dan Tahun Baru. Petugas dengan anjing pelacak diturunkan di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan untuk mencegah masuknya narkoba dan barang berbahaya lainnya.

Wawan Hermawan Senior Manajer Pengamanan Daop 6 Yogyakarta kepada wartawan Jumat (23/12/2016) mengatakan dua ekor anjing pelacak disiagakan setiap hari di dua stasiun besar Daerah Operasional 6 Yogyakarta mulai 23 Desember 2016 hingga 9 Januari 2017. Anjing-anjing tersebut memiliki tugas yang cukup penting yakni memastikan keamanan kawasan stasiun dari benda-benda berbahaya.

"Kami siagakan di pintu masuk untuk mengecek barang bawaan calon penumpang. Tapi selain itu kita juga akan patrolikan petugas untuk mengecek detail tiap sudut stasiun, jadi tak hanya penumpang saja yang dicek tapi juga internal petugas KAI Daop 6," ungkapnya.

Sementara AKP Supriyanto Kanit Satwa Brimob Polda DIY menambahkan tim K-9 memiliki keahlian mengidentifikasi benda berbahaya melalui bau. "Tim kita dengan dua anjing pelacak ini bisa deteksi narkoba, bahan peledak dan bahan berbahaya lain melalui penciuman," ungkapnya.

Meskipun mengandalkan indra penciuman, namun pihak KAI dan Polda DIY memastikan anjing pelacak tak akan mengganggu kenyamanan calon penumpang. "Anjing-anjing ini punya kemampuan penciuman untuk jarak tertentu jadi tidak sampai menempel barang atau tubuh, penumpang tetap nyaman tapi tetap aman," pungkas Wawan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI