Kali Gajah Wong Bakal Dilengkapi ‘Dermaga’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengembangan potensi di Yogya selatan akan dilakukan secara bertahap. Salah satunya dengan mempercantik wisata Kali Gajah Wong yang telah mendapat dukungan dari Pemda DIY.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, menuturkan Pemda DIY sempat mengalokasikan dana sebesar Rp 3 miliar sebagai bentuk dukungannya. “Kami sudah siap untuk mengeksekusi, namun berhubung pandemi virus Korona sehingga tertunda. Akan kami pastikan, apakah bisa dilakukan tahun ini atau ditunda tahun depan,” jelasnya di sela aksi penanaman tanaman buah di Bendung Lepen Giwangan, Rabu (05/08/2020) kemarin.

Penanaman bibit buah tersebut akan digencarkan di Kampung Mrican dan Malangan Giwangan. Kedua kampung itu selama ini sudah mendeklarasikan sebagai Kampung Panca Tertib yang digagas Sat Pol PP Kota Yogya.

Heroe mengungkapkan keberadaan Kampung Panca Tertib diharapkan mampu mendukung pengembangan potensi wisata yang kini tengah tumbuh. Terutama dengan adanya Bendung Lepen yang dilengkapi wahana bermain anak serta budidaya ikan nila di saluran irigasi. Tak jauh dari lokasi juga terdapat tempat wisata perahu Dermaga Cinta di Kali Gajah Wong.

“Semua potensi akan diintegrasikan. Misalnya dari Bendung Lepen bisa dilanjutkan wisata perahu dari Dermaga Cinta hingga tembus ke Taman Legawong maupun Tegal Gendu. Kelak dengan adanya taman buah bisa semakin melengkapi,” urainya.

Terkait dukungan dana dari Pemda DIY sebesar Rp 3 miliar, menurut Heroe, peruntukannya juga sudah masuk dalam perencanaan. Terutama untuk mempercantik spot wisata dengan membuat jalur pedestrian di pinggiran sungai, membuat arena flying fox serta meningkatkan kapasitas tempat parkir kendaraan pengunjung.

Sementara Ketua Forum Kampung Panca Tertib Mrican Giwangan Temu Jaya, mendukung upaya integrasi wisata di kawasan Kali Gajah Wong. Menurutnya, semakin besar cakupan wisata yang dapat dinikmati akan berdampak pada minat wisatawan untuk berkunjung. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI