Kamar Mandi Umum Pandeyan Dilengkapi Jamban Sehat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga RW.08 Kampung Gambiran Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo tak lama lagi bakal memiliki kamar mandi umum baru. Fasilitas lama yang kurang bersih akan diubah menjadi lebih nyaman sehingga menunjang kesehatan warga. Melalui tangan-tangan terampil prajurit kamar mandi umum ini direhab sesuai dengan standar kesehatan tampat untuk mandi, cuci dan kakus (MCK).

Beberapa warga yang rumahnya tak memiliki kamar mandi selama ini memanfaatkan WC umum ini untuk kebutuhan MCK. Namun sayangnya selama ini kamar mandi tersebut tak pernah diperhatikan sehingga tidak terawan dan kumuh.

Datangnya para prajurit dalam TMMD Reguler ke-101 di Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo menjadikan kamar mandi umum tersebut sebagai salah satu program rehab. Kamar mandi akan dibongkar total dan dijadikan lebih nyaman dengan memenuhi standar kesehatan.

“Kondisi awal cukup memperihatinkan. Oleh karena itu kami tergerak untuk melakukan renovasi atas kamar mandi tersebut,” tegas Pasiter Kodim 0734 Yogyakarta Kapten (Inf) Rino Tri Widodo saat meninjau rehab kamar mandi umum tersebut, Rabu (18/04/2018).

Kondisi kamar mandi ini sebelumnya air pembuangan tak mengalir dengan lancar sehingga menimbulkan banyak genangan di sana-sini. Selain itu kondisi bak mandi serta lantai yang kotor membuat tempat ini tak nyaman untuk dipergunakan.

Oleh prajurit baik lantai maupun sarana sanitasi lainnya dilengkapi dengan baik. Selain itu selain jamban juga dibuat dengan menggunakan sistem septictank sehingga tak mencemari air tanah di sekitarnya.

Kamar mandi tersebut dibagi menjadi empat ruang sehingga warga tak akan antre terlalu lama untuk mempergunaknnya. Kebutuhan air juga dicukupi dengan menggunakan pipa-pipa yang dialiri air bersih.

“Saat ini tahap akhir dengan pemasangan lantai maupun pintu kamar mandi. Ditargetkan sekitar liam hari lagi sasaran ini selesai dikerjakan,” unkapnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI