Kamar Pasien Covid-19 di Kota Yogyakarta Masih Mencukupi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Gugus Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan kesiapan menangani kasus Covid hingga saat ini. Kesiapan ruang perawatan dan tenaga kesehatan (nakes) dinilai masih mencukupi untuk penanganan kasus.

Kepada wartawan, Rabu (30/12/2020), Heroe mengungkap masih ada 70 ruang perawatan baik ICU maupun isolasi biasa di Kota Yogyakarta. Ruang-ruang perawatan tersebut menurut Heroe tersebar di tujuh rumah sakit rujukan yang ada di Kota Yogyakarta.

“Masih ada 70 kamar cadangan terdiri dari kritikal dan biasa. Sebenarnya totalnya 98 dan sekarang ini sudah dibuka 28, jadi masih 70,” ungkap Heroe.

Heroe menyebut Kota Yogyakarta belum berniat membangun rumah sakit darurat untuk penanganan Covid. Pun demikian, untuk nakes di Kota Yogyakarta menurut dia juga masih mencukupi sampai saat ini.

“Kami belum ada rencana pembangunan RS Darurat. Untuk Nakes juga masih mencukupi, yang sempat terkena juga sudah bekerja lagi. Loadnya memang semakin besar karena pertumbuhan Covid di mana-mana tinggi. Kami mulai persiapkan vaksinasi bagi tenaga kesehatan kita,” tandas Heroe.

Kota Yogyakarta menyiagakan 20 layanan kesehatan pemerintah dan 18 fasilitas swasta untuk kegiatan vaksinasi nantinya. Namun, kapan vaksinasi akan dilakukan, Pemkot Yogyakarta masih menanti kebijakan pemerintah pusat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI