Kampung Baca ‘Bina Warga’ Gendeng Diluncurkan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kampung Baca (Kaca) ‘Bina Warga’ di Kampung Gendeng Baciro Yogyakarta diluncurkan, Sabtu (16/7/2022). Acara peluncuran dimeriahkan dengan kegiatan senam ibu-ibu, tari anak, lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak.

Dwi Karyanto selaku Ketua Kaca ‘Bina Warga’ menurutkan, sebelum peluncuran ini, Kampung Gendeng sudah mempunyai Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Sehingga Kampung Baca ini akan memperkuat fungsi TBM yang sebelumnya sudah ada.

Menurut Dwi, Kaca Bina Warga menjadi mitra kerja Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat Yogya. Diharapkan minat baca warga Gendeng dan sekitarnya terus meningkat setelah peluncuran Kaca Bina Warga ini.

“Peluncuran ini sekaligus sosialisasi kepada warga tentang keberadaan Kaca Bina Warga, kita ingin menjadikan Gendeng sebagai kampung literasi dengan pusatnya Kaca Bina Warga,” terang Dwi kepada KRJOGJA.com di sela kegiatan. Acara peluncuran dihadiri segenap tokoh masyarakat, anggota Dewan DPRD Kota Yogyakarta, dan unsur Pemerintah Kota Yogyakarta.

Untuk meningkatkan minat baca warga, Kaca ‘Bina Warga terus menambah koleksi buku-bukunya untuk semua tingkat usia (mulai PAUD sampai lansia). Pihaknya juga memberikan kemudahan warga yang ingin membaca atau meminjam buku. Berbagai kegiatan literasi juga akan dijalankan semisal, demo UMKM untuk meningkatkan ketrampilan dan lainnya.

“Kemampuan literasi tidak melulu terkait dengan membaca, sehingga kita adakan berbagai kegiatan literasi. Sebulan sekali Kaca Bina Warga akan memutar film edukasi, kita juga fasilitasi Kaca Bina Warga dengan wifi,” pungkasnya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI