Kampung di Yogya Berbenah Menuju Kampung Mandiri

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Berbagai kampung di Kota Yogyakarta terus berbenah diri demi terwujudnya kampung yang mandiri. Salah satunya adalah Kampung Pengkok Kidul, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Kampung ini telah dikenal sebagai salah satu kampung percontahan di kota Yogyakarta karena keberhasilan dalam menjalankan program-program yang menjadikanya kampung mandiri.

Sebagai salah satu Kampung KB Paripurna, pada Senin, (02/11) Kampung Pengok Kidul menerima Tim Monitoring dan Evaluasi dari DPPKB Kota Yogyakarta. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun untuk mengetahui perkembangan Kampung KB maupun efektifitas program Kampung KB itu sendiri.

Dalam acara yang dipandu oleh Ketua Kampung KB RW 07 Baciro, Teta Wibowo, sekaligus dibuka secara resmi oleh Lurah Baciro Sulasmi, S.IP, M.Si. Pelaksanaan kegiatan dibantu KKN Alternatif UAD Unit I.B.2 yang diketuai oleh Bayu Selo Aji dan 9 orang anggotanya.

Disampaikan dalam pembukaan oleh Ketua RW 07 Baciro, Kampung Pengok Kidul di masa pandemi memiliki 9 kegiatan yang ditujukan guna penanganan pandemi hingga pemulihan psikologi, sosial, dan ekonomi warganya. Beberapa program unggulan dari Kampung Pengok Kidul selama pandemi adalah Warga Mengajar, Lumbung Pangan, dan pemulihan ekonomi melalui pendirkanKantin Boga Baciro dan Kedai Casper. Sumber dana sebagian besar adalah swadaya murni warga.

BERITA REKOMENDASI