Kampus Dorong Kewirausahaan Berbasis Inkubasi Bisnis

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (FEB-UAD) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan bertema ‘Entrepreneur Learning Outcome Berbasis Inkubasi Bisnis’ secara virtual. Deny Ismanto MM, Sekretaris Prodi Manajemen, Rabu (21/07/2021) mengatakan, FGD diadakan Senin (19/07/2021) ini menghadirkan narasumber Geri Gebyar (General Manager Jogja Digital Valley) dan Subki Rifai (CFO Rumah BUMN Jogja). FGD ini dibuka oleh Utik Bidayati SE MM selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan, Administrasi Umum.

Dijelaskan Deny Ismanto, Program Kewirausahaan Kampus Merdeka merupakan bagian dari program Kemendikbud untuk memperkuat ekonomi nasional dan mendukung percepatan ekonomi digital. Program Kewirausahaan Kampus Merdeka didesain berdasarkan framework dari proses program wirausaha Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Mahasiswa akan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kewirausahaan, menyusun proposal wirausaha, menjalankan kegiatan wirausaha di bawah bimbingan dosen pembimbing atau mentor kewirausahaan dan dievaluasi di akhir program. “FGD ini bertujuan untuk mengembangkan model kewirausahaan berbasis inkubasi bisnis yang nantinya akan diterapkan dalam desain kurikulum merdeka belajar kampus merdeka Program Studi Manajemen FEB-UAD,” ujat Deny Ismanto.

Sedangkan Poppy Laksitarini SE MSc selaku moderator FGD menyampaikan, FGD ini dalam rangka sharing dan menggali masukan-masukan dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan lembaga lainya yang memiliki kompetensi di bidang inkubasi bisnis. Hasil FGD ini nantinya akan menjadi bahan referensi dan masukan dalam menyusun model kewirausahaan yang akan diterapkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Manajemen FEB-UAD.

Sementara Geri Gebyar selaku General Manager Jogja Digital Valley menyampaikan, Pusat inkubasi bisnis Jogja Digital Valley (JDV) menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pelatihan dan seminar kewirausahaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Caranya dengan mendaftar menjadi member untuk kemudian mengikuti kegiatan tersebut. Cara membangun suatu inkubasi bisnis yang ideal, membangun ekosistem wirausaha di lingkungan kampus dengan sharing session/seminar/workshop/takshow rutin

terkait kewirausahaan. Selain itu, membangun partnership dengan industri, swasta, pemerintah untuk memperluas akses terhadap fasilitas maupun pendanaan usaha (crowd funding, akses ke investor); Memberikan materi-materi kewirausahaan yang butuh pendalaman pemahaman & kemampuan seperti Digital marketing.

UAD

BERITA REKOMENDASI