Kangen Wisata Saat Pandemi, Tur Virtual Jadi Solusi

Editor: KRjogja/Gus

KETERBATASAN menumbuhkan ide-ide baru dan inovasi kreatif untuk tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Sektor pariwisata betul-betul terhantam akibat kemunculan virus corona baru. Pembatasan wilayah di berbagai tempat dan batas-batas negara ditutup untuk menekan penyebaran penyebab Covid-19.
Orang-orang tak bisa leluasa berpergian. Tempat wisata yang biasa dijejali oleh turis mancanegara maupun domestik kosong melompong. Rencana liburan yang sudah dipersiapkan untuk tahun ini kandas. Agen-agen wisata daring kewalahan untuk melayani permintaan pengembalian dana karena penerbangan terganggu akibat pandemi.

Perlahan, orang-orang mulai mencari alternatif wisata yang aman. Senyampang dengan itu, tempat-tempat wisata di penjuru dunia mulai memperkenalkan tur virtual. Masyarakat bisa mengintip tempat wisata hingga museum melalui gawai sendiri. Jalan-jalan bisa dilakukan dari mana saja, yang penting koneksi internet lancar. Tur virtual bagaikan oase di tengah gurun, menyejukkan dahaga untuk berpetualang.
Indonesia juga tidak ketinggalan merespons tren ini. Semua pihak aktif membuat inovasi. Pengelola tempat wisata mencari cara agar mereka tidak terlupakan meski sudah beberapa bulan tidak disambangi.

Candi Borobudur contohnya. Ribuan turis Jepang baru saja “mampir” ke Candi Borobudur lewat tur virtual yang digelar PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) dan Balai Konservasi Borobudur bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo.

Mereka menyaksikan keindahan candi yang megah melalui akun media sosial Instagram KBRI Tokyo. Meski tak datang langsung, wisatawan bisa menuntaskan rasa penasaran berkat informasi yang disediakan oleh pemandu wisata yang interaktif.

Pulau Bali yang masyhur juga memberikan tur wisata virtual untuk turis asal Negeri Sakura selama pandemi. Setiap akhir pekan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar memperlihatkan aktivitas warga di pedesaan untuk turis Jepang.

BERITA REKOMENDASI