Kanwil DJP DIY Gelar Pajak Bertutur 2021 Virtual

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com- Inklusi kesadaran pajak adalah salah satu upaya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selaku pihak yang membidangi pendidikan untuk meningkatkan kesadaran pajak peserta didik, guru, dan dosen yang dilakukan melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam kurikulum, pembelajaran dan perbukuan. Salah satu strategi penerapan inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan adalah kegiatan Pajak Bertutur.

Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Kantor Wilayah (Kanwil) DJP DIY Yunipan Nur Yogananta mengatakan Pajak Bertutur merupakan kegiatan edukasi perpajakan yang diselenggarakan setiap tahun secara serentak di seluruh unit vertikal di bawah DJP. Kegiatan pajak bertutur ini ditujukan kepada siswa siswi dalam rentang Pendidikan SD, SMP, SMA/SMK sederajat dan mahasiswa di tingkat perguruan tinggi yang telah berlangsung sejak 2017.

“Kami mengapresiasi para mahasiswa yang telah bergabung dalam kegiatan Pajak Bertutur 2021. Anak-anak muda seperti kalian yang kelak diharapkan menjadi pahlawan bangsa sebagai pembayar pajak yang patuh dan sadar pajak,” ujarnya dalam Pajak Bertutur 2021 bertema Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara yang diikuti 136 mahasiswa secara virtual, Rabu (25/08/2021).

Yunipan menuturkan DJP ingin mendidik generasi muda agar menjadi generasi muda sadar pajak yaitu generasi yang memahami akan pentingnya peranan pajak dalam pengelolaan negara. Dengan kesadaran tersebut diharapkan generasi muda sebagai calon pelaku ekonomi masa depan sadar dan memiliki keinginan memberikan kontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Biasanya kegiatan Pajak bertutur dilakukan secara tatap muka/offline di sekolah-sekolah ataupun di kampus. Karena masih masa pandemi, kegiatan kali ini diadakan secara daring bekerja sama dengan Tax Center di DIY. Perlu diketahui di Kanwil DJP DIY sudah ada 9 Tax Center yaitu Tax Center UPN Veteran Yogyakarta, UST, UKDW, UAJY, UJB, STIE YKPN, Universitas Mahakarya Asia dan Politeknik API Yogyakarta,” paparnya.

Dalam Kegiatan Pajak Bertutur ini, Yunipan menyampaikan peserta diberikan kesempatan menyaksikan acara ‘Menteri Menyapa’ yang disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim. Tim Penyuluh Kanwil DJP DIY memberikan materi terkait peran pajak dalam pembangunan. Peserta mendengarkan materi dengan baik dan sangat antusias dalam sesi tanya jawab.

“Kami berharap peserta yang merupakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di DIY ini dapat menjadi generasi muda sadar pajak sebagai wujud bela negara, yang diibaratkan sebagai pahlawan masa kini. Kelak ketika mereka sudah lulus kuliah, mereka akan dengan sadar turut memberikan kontribusi demi Indonesia yang gemilang,” pungkasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI