Kapasitas Parkir Ngabean Bakal Ditingkatkan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tengah mematangkan penyusunan master plan perluasan dan peningkatan kapasitas parkir portable Ngabean, hingga tiga kali lipat dari daya tampung kendaraan bermotor sekarang. Hal itu untuk mengurangi beban parkir portable Abu Bakar Ali (ABA) dan Tempat Khusus Parkir (TKP) Panembahan Senopati serta kepadatan di kawasan Malioboro.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Rahardjo mengatakan, Pemkot Yogyakarta meminta kepada Pemda DIY untuk memperluas parkir portable Ngabean. "Kita diminta mengurangi parkir bus yang ada di area ABAdan TKP P Senopati dipindahkan ke parkir Ngabean. Sehingga area parkir Ngabean akan kita perluas ke barat atau ke selatan. Kini tengah dilakukan studi dan kajian untuk perluasan kantong parkir portable yang ada di kawasan Malioboro tersebut," tutur Sigit.

Baca juga :

Haryadi Suyuti Tempuh Jalur Hukum
Anak Penjual Soto Raih IPK 3,96 di UGM

Dijelaskan, limpahan kendaraan bermotor dari parkir ABAdan TKPPSenopati ke parkir Ngabean tersebut khususnya untuk bus sedang maupun besar. TKPSenopati dapat menapung 30 bus besar dan 20 mobil, sedangkan parkir ABAyang terdiri dari 3 lantai dapat menampung 2.800 kendaraan roda dua dan 40 bus besar atau bus pariwisata.

"Area parkir Ngabean ini terdiri dari dua lantai berkapasitas 40 bus besar dan 150 kendaraan bermotor roda empat nonbus. Kami akan tingkatkan kapasitas daya tampung kendaraan bermotor khususnya bus naik tiga kali lipat sekaligus mengurangi kepadatan di kawasan Malioboro," tandasnya.

Menurutnya dengan pengalihan parkir kendaraan besar ini tidak hanya mengurangi kepadatan di kawasan Malioboro, namun sekaligus lebih memudahkan pengunjung atau wisatawan. Sigit berharap apabila kantong parkir yang ada di Kota Yogyakarta tersebut bisa saling terintegrasi baik ke arah timur dan parkir arah barat.

"Parkir Ngabean bisa ditingkatkan kapasitasnya untuk menampung parkir bus-bus besar yang selama ini lebih banyak dibebankan di parkir ABAdan TKPP Senopati. Setidaknya bisa diperluas daya tampungnya 3 kali lipat dari kapasitas awal," kata Sigit.

Selain mengoptimalkan daya tampung kantong parkir Ngabean, Sigit menyampaikan tempat parkir portable ini juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka atau open space yang bisa dimanfaatkan untuk kuliner dan lain-lain supaya benarbenar terintegrasi.

"Kita baru menyusun master plan-nya saat ini dan menyusun anggaran untuk perluasannya, baru kita usulkan tahun depan. Ataukah nanti ada investor yang mau melaksanakan kegiatan tersebut," tambahnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI