Kapolda DIY Ingatkan Warga Yogya Jadi Netizen Cerdas

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kapolda DIY Brigjen Polisi Ahmad Dofiri membuka seminar bertajuk Implementasi UU ITE untuk Mencegah Hoax di Media Sosial yang digagas Bina Sarana Informatika (BSI) bersama Polda DIY di Tara Hotel Jalan Magelang, Rabu (12/4/2017). Di hadapan puluhan peserta, Kapolda mengingatkan masyarakat Yogyakarta untuk tetap cerdas saat berselancar di dunia maya. 

Menurut Kapolda, dari data Polda DIY di tahun 2015 tak kurang 225 kasus terkait undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang ditangani. Jumlah tersebut terbilang cukup besar dan paling banyak didominasi kasus penipuan belanja online, pencemaran nama baik dan pornografi. 

"Cukup banyak kasusnya di DIY, yang cukup memprihatinkan bahwa korbannya dari pelajar dan mahasiswa juga. Ternyata kasus-kasus ITE ini juga menimpa segala kalangan bahkan yang terpelajar juga, tentu ini masih harus menjadi perhatian bersama," ungkapnya. 

Polda DIY sendiri menurut Dofiri berusaha menegakkan UU ITE sebagai bentuk sosialisasi sekaligus pembelajaran bawasanya menjadi netizen juga diikat dengan peraturan-peraturan pembatas. "Contohnya beberapa waktu lalu saat marak meme, ada yang membuat meme polisi kita proses, meski dibully tapi menunjukkan bawasanya ada aturan yang mengikat pengguna dunia maya," imbuhnya lagi. 

Selain kasus-kasus tersebut, Kapolda juga mengingatkan masyarakat untuk menjadi netizen cerdas terutama menyikapi berita hoax (bohong) karena era saat ini manusia tak lagi berada di satu dunia melainkan dua dunia. Menurut dia, disadari betul kini sulit membedakan mana berita hoax dan mana berita yang benar di sosial media, namun dengan kebiasaan kroscek dan literasi diharapkan masyarakat semakin cerdas memilah mana berita benar dan hoax. 

"Kita ini sekarang statusnya citizen ya netizen, dunia nyata ya dunia maya dan apa yang disampaikan di dunia maya tak selalu benar. Karena itu kita harus selalu kroscek saat mendapatkan informasi apapun di sosial media, jadi netizen yang cerdas," lanjut Kapolda. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI