Karya-karya Kreatif Hiasi Pinasthika Creativestival XVIII

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Penyelenggaraan Pinasthika Creativestival XVIII 2017 mendapat sambutan antusias pelaku industri kreatif di Indonesia. Terbukti pada tahun ini tercatat ada 666 karya yang masuk ke panitia untuk mengikuti sejumlah kategori yang dilombakan.

"Antusiasme masyarakat cukup bagus. Memang, industri kreatif makin berkembang dan menjadi masa depan yang tidak terelakkan lagi," tutur Chief Happiness Officer Pinasthika Creativestival XVIII Affiu Khresna kepada KRJOGJA.com , Rabu (13/12/2017).

Menurut Affi, pada Pinasthika 2017 ini panitia menghadirkan tiga kategori utama, yaitu Advertising, Design Graphic dan khusus untuk freelancer serta mahasiswa untuk lebih memberikan ruang berkompetisi dan mengukur diri. Pinasthika juga membuka kategori lomba print ad, film iklan hingga Urban Idea (sebuah kompetisi ide masalah perkotaan untuk kawasan heritage).

"Kami juga hadirkan kategori terbaru Young Graphic Designer. Penugasannya membuat sebuah destination branding untuk lokasi wisata baru yang masih belum dikenal," sebut Affi.

Menurutnya di luar estimasi, kategori baru ini banyak diminati peserta dengan hasil karya yang sangat membanggakan. Bahkan Affi mengatakan ke depan karya yang dihasilkan akan menjadi sebuah proposal yang bakal ditujukan ke Kementrian Pariwisata RI. Sehingga nantinya Pinasthika bisa menjadi mitra untuk pengembangan lokasi tujuan wisata yang membutuhkan ide-ide segar dari para freelancer.

Dijelaskan lebih lanjut, proses penjurian dibagi dalam beberapa panel juri yang terdiri dari creative director ternama Indonesia. Bahkan ada nama Chow Kok Keong dari Hakuhodo Indonesia yang baru saja dinobatkan sebagai Campaign Brief Asia 2017 #1 Indonesia’s Hottest Creative Person.

"Beliau akan menjadi Chairman of Jury. Sehingga nantinya pemenang yang mendapatkan predikat benar-benar kualitasnya bisa dianggap setara dengan kompetisi periklanan dan desain tingkat internasional," tukasnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI