Kasus Aktif Covid DIY Menyisakan 2.736 Pasien

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus Covid-19 DIY terus melandai. Menurut data Dinas Kesehatan DIY, Selasa (21/09/2021) kasus aktif Covid DIY menyisakan 2.736 orang.

Hari ini tercatat ada 95 kasus baru dan 305 kesembuhan. Positivity rate DIY pun terus mengalami penurunan dan terdata 1,27 persen hari ini.

Begitu pula dengan tingkat keterisian bed rumah sakit juga mengalami penurunan yakni 34,27 persen (85 dari 248) untuk kritikal dan 19 persen (307 dari 1.615) untuk non kritikal. Rata-rata kesembuhan juga naik 94,89 persen, dan fatality rate 3,34 persen.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan saat ini 60 persen rumah sakit sudah mulai mengalihkan ruang rawat penanganan Covid-19 untuk pasien reguler. Namun menurut dia, seluruh rumah sakit menandatangani perjanjian akan siap mengalokasikan untuk pasien Covid apabila angka kasus mengalami kenaikan kembali.

“Beberapa rumah sakit sudah mulai menggeser tempat tidur Covid untuk reguler tapi dengan perjanjian begitu angka naik lagi akan siap kembali mendedikasikan untuk Covid namun semoga tidak ada gelombang lagi kedepan. Sekitar 60 persen artinya mengurangi bukan menghilangkan, tetap kita siap,” ungkap Pembajun.

Di sisi lain, tenaga kesehatan juga masih terus disiagakan untuk menangani pasien Covid. Dinkes DIY pun mengaku masih mempekerjakan relawan di beberapa rumah sakit rujukan untuk memaksimalkan penanganan.

“Kita masih hire relawan di beberapa rumah sakit, yang kemarin menangani perlu recovery juga. Tetap kita siapkan semuanya, kita harus siap menghadapi segala sesuatu. Harapan kita tak perlu ada tempat tambahan, kasus tidak naik lagi,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI