Kasus Covid-19 Jogja Menurun, Masyarakat ‘Jangan Kasih kendor’

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Penurunan jumlah kasus yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak boleh menjadikan masyarakat terlena dan abai dalam penegakkan Prokes. Sebaliknya kondisi tersebut harus dipertahankan dengan lebih disiplin dalam penegakkan Prokes supaya angka kasus bisa diturunkan secara lebih signifikan.

Karena penurunan kasus yang terjadi bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti tracing kontak kasus positif yang kasusnya juga menurun. Begitu pula dengan jumlah masyarakat yang melakukan periksaan mandiri ke laboratorium untuk PCR juga mengalami penurunan.

“Sejak beberapa hari terakhir jumlah kasus di DIY memang mengalami penurunan. Walaupun begitu, saya minta masyarakat harus tetap menerapkan Prokes secara disiplin dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Karena hanya dengan cara itu penularan kasus bisa dicegah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs K Baskara Aji di Gedhong Pracimosono Kompleks Kepatihan, Senin (15/2).

Baskara Aji mengungkapkan, meski sampel yang dikirim ke laboratorium rujukan mengalami penurunan, tapi tracing yang dilaksanakan tergolong sudah cukup masif. Bahkan sudah jauh di atas ketentuan dari WHO. Jadi naik turunnya jumlah sample yang diperiksa di laboratorium seperti yang saat ini terjadi masih tergolong wajar. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI