Kasus Covid Fluktuatif, DIY Perpanjang PPKM Mikro

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mengikuti instruksi pemerintah pusat memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 9-22 Maret 2021. Jumlah kasus harian positif Covid yang masih fluktuatif menjadi alasan Pemda DIY mengambil langkah sejalan dengan pemerintah pusat.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, memastikan perpanjangan PPKM seperti instruksi pemerintah pusat. Menurut Sultan, peraturan dalam PPKM nantinya sama seperti penerapan sebelumnya.

“(Terkait perubahan aturan) Saya kira tidak. Kira-kira bunyinya sama. Ya dua minggu (diperpanjang),” ungkap Sultan di DPRD DIY, Senin (8/3/2021).

Sultan mengatakan pertimbangan utama DIY menerapkan perpanjangan dikarenakan kasis harian yang masih fluktuatif. Dalam sehari pada masa-masa ini, kasus positif harian DIY bisa mencapai antara 80-150 orang yang menunjukkan belum adanya kestabilan kasus turun.

“Ya karena masih fluktuatif dalam arti fluktuatif belum stabil kemarin 89 sekarang masih di atas 100. Biar pun mungkin rata-rata positifnya sudah sangat turun sudah di bawah 50 persen, 46 koma sekian. Tapi karena masih fluktuatif kita kan nggak berani daripada nanti terus naik lagi lebih baik diteruskan saja. Supaya ngontrolnya juga sama. Sehingga turunnya juga positif jangan nanti fluktuatif,” sambung Sultan.

BERITA REKOMENDASI