Kasus Covid Harian 0 Namun DIY Masih Level II, Begini Kata Sultan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mencatatkan 0 kasus harian Covid-19, Senin (23/5/2022) kemarin. Kasus Covid seturut data Dinaa Kesehatan DIY pun sudah jauh melandai di mana hanya ada tersisa 104 kasus aktif di seluruh DIY.

Situasi tersebut mendapat perhatian Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang menilai kasus di DIY sudah melandai. Namun begitu menurut Sultan, DIY harus mengikuti aturan berlaku termasuk kebijakan PPKM Level II yang masih diberlakukan saat ini.

“Tidak tambah (kasus) kan kondisinya sudah ke arah landai, endemi. Tapi kita tidak bisa mengatakan Jogja sudah endemi itu tidak boleh. Ketentuannya yang bisa mengatakan endemi itu hanya WHO. Kita bicaranya hanya landai, tidak mungkin dikatakan endemi selama pandemi ini belum dicabut,” ungkap Sultan, Selasa (24/5/2022).

Saat ini menurut Sultan, masyarakat masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan serta mengenakan masker ketika beraktivitas. Orang nomor satu DIY ini berharap kasus positif tidak kembali muncul setelah masa libur panjang akhir pekan kemarin.

“Kita masih level 2 berarti masih ada pandemi. Level I masih pandemi tapi masyarakat lebih dibebaskan. Berarti kan tetap memakai masker. Hari kemarin nol, tambah satu yang sembuh. Yang di rumah sakit makin kecil otomatis yang diswab makin kecil. Sekarang tinggal 40 sekian saya kita, mayoritas OTG berarti di rumah tidak di rumah sakit. Semoga akhir pekan kemarin yang penuh orang semoga tidak naik,” sambungnya.

Berdasar data Dinas Kesehatan DIY per Senin (23/5/2022) kemarin, kasus aktif hanya tersisa 104 di seluruh DIY. Tingkat kesembuhan juga terus bertumbuh, dengan recovery rate mencapai 97,28 persen. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI