Kasus Meninggal Isoman Alami Penurunan, Dewan Minta Penanganan Dimaksimalkan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi A DPRD DIY menggelar pertemuan dengan BPBD DIY dan stakeholder lainnya guna membahas penanganan pandemi Covid-19, Sabtu (14/8/2021). Beberapa hal dibahas termasuk tren penurunan kasus di DIY dan upaya lanjutan penanganan di bidang keseilustrasihatan maupun sosial ekonomi.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan sejak beberapa hari terakhir terjadi tren penurunan kasus begitu pula dengan kasus kematian pasien positif. Meski demikian, Pemda DIY tetap melakukan upaya maksimal dalam penanganan di lapangan.

“Dari data tim di lapangan, ada 120 kasus kematian isoman dari 1-10 Agustus, warga yang meninggal saat isoman di rumah. Namun mulai 10 Agustus sampai saat ini, sudah berkurang hingga 50 persen dalam sehari, sekitar 44 kasus. Kami berharap terus turun seiring menurunnya kasus positif dan peningkatan kesembuhan,” ungkap Biwara.

Biwara menyebut, dari data UGM, saat ini masih terdapat 29 ribu warga yang melakukan isoman di rumah. Pemda DIY mengantisipasi dengan membuka shelter isolasi terpadu untuk memaksimalkan penanganan dan meminimalisir kasus kematian.

“Harapan kami, fasilitas isoter bisa diakses warga, agar kondisi mereka lebih terpantau dari sisi kesehatan maupun gizi permakanannya. Saat ini fasilitas isolasi sudah terisi sekitar 70 persen namun berangsur menurun, semoga terus demikian. Kami juga tetap lakukan tracing, testing dan treatment karena itu yang paling utama,” sambung dia.

Sementara, Ketua Komisi A, Eko Suwanto, meminta Pemda DIY melakukan upaya maksimal penanganan pandemi baik di bidang kesehatan maupun sosial ekonomi masyarakat. Beberapa hal diminta untuk ditingkatkan seperti kemampuan vaksinasi juga dukungan untuk shelter penanganan pasien.

“Kami di Komisi A mendorong Pemda untuk melakukan percepatan vaksinasi baik untuk dewasa maupun anak. Pemda juga dapat membantu masyarakat khususnya yang isoman, dan sudah ada shelter isoter. Shelter ini harapannya didukung tim yang baik juga rumah sakit harus meningkatkan pula pelayanan. Kami terimakasih pada nakes dan relawan yang sudah bekerja keras. Kami minta penanganan Covid, baik pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial perlu kita maksimalkan juga,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI