Kasus Mulai Menurun, Positivity Rate Covid Harian DIY Masih Tinggi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus aktif Covid-19 DIY perlahan mulai menurun, tercatat berjumlah 28.652 pada Kamis (12/8/2021). Sayangnya, positivity rate kasus harian di DIY masih tinggi, mencapai 35,55 persen.

Berdasar data Dinas Kesehatan DIY, diketahui hari ini ada 3.046 orang yang menjalani tes baik PCR maupun swab antigen. Hasilnya, masih terdapat 1.083 orang yang positif atau 35,55 persen. Hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan penularan masih terjadi di wilayah DIY dengan kasus harian tinggi dan rata-rata positif mencapai 35 persen.

“Hari ini tercatat pula adanya 2.770 kesembuhan kasus sehingga kumulatif DIY menjadi 101.740. Tercatat pula adanya 30 pasien meninggal dunia sehingga kumulatif meninggal dunia menjadi 4.102,” ungkap juru bicata Satgas Covid-19 DIY bidang kesehatan, Berty Murtiningsih.

Sementara, dari data Dinas Kesehatan diketahui pula bahwa fatality rate DIY mencapai 3,05 persen. Hal tersebut turut mengundang keprihatinan dari Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana.

“Persoalannya adalah jiwa, satu pun itu sangat berharga. Jadi, harapannya kita bisa tekan jumlah warga meninggal. Caranya bagaimana, ya kita harus tekan jumlah pasien yang positif, angka positifnya kita tekan. Kalau yang kena Corona sedikit maka yang meninggal akan sedikit juga. Kita juga harus terus lakukan deteksi dini dan perawatan yang baik bagi para penyintas,” tandas Huda. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI