Kasus Positif Covid Meningkat, DIY Belum Putuskan Opsi PSBB

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah pasien positif Covid-19 DIY meningkat pesat hingga Jumat (8/5/2020) di mana ada 21 kasus dalam dua hari ini. Wacana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pun kembali menyeruak di tengah masyarakat untuk memutus penyebaran virus tersebut.

Sekda Pemda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pihaknya masih melakukan upaya percepatan tracing sebagai upaya pemutusan penyebaran virus. Nantinya hasil tracing yang dilanjutkan dengan rapid test akan menjadi acuan pengambilan keputusan oleh gugus tugas penanganan.

“Kami perlu melakukan pemetaan akurat terkait penyebaran, transmisi lokal serta kondisi ekonomi. Ini yang jadi pertimbangan pusat untuk menentukan apakah daerah boleh PSBB. Intinya adalah penerapan protokol kesehatan dengan ketat,” ungkap Aji melalui rilis resmi Jumat (8/5/2020).

Di sisi lain Gubernur DIY menurut Baskara Aji telah menginstruksikan pengetatan aturan pembatasan kerumunan hingga pemaksimalan karantina mandiri. Pun dengan jalanan yang ramai, Aji juga menilai hal tersebut masih dalam taraf wajar karena hanya terjadi di jam berangkat dan pulang kerja saja.

“Antisipasi sudah dilakukan dengan tes massal, mengubah pola penanganan di rumah sakit dan mengevaluasi karantina mandiri. Meski tidak PSBB, namun kita sudah menerapkan aturan layaknya PSBB. Kesadaran masyarakat untuk tidak berkumpul menjadi kunci utama. Kami juga lakukan kewaspadaan pada pasar dan pusat perbelanjaan. Sekali lagi kesadaran masyarakat yang paling utama,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI