Kasus Positif DIY Tembus Angka 2.731 Hari Ini, PPKM Darurat Tidak Efektif?

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari ke-11 penerapan PPKM Darurat DIY lagi-lagi menampakkan situasi yang kontraproduktif dari situasi penurunan kasus positif Covid-19. Betapa tidak, kini kasus harian meningkat menyentuh angka 2.731 yang sekaligus tertinggi sepanjang pandemi.

Berdasar data Dinas Kesehatan DIY, kasus positif hari ini tercatat 2.731, kasus sembuh 843 dan sayangnya kematian masih bertambah 39 orang. Kasus aktif di seluruh DIY saat ini menjadi 21.387.

DIY saat ini memeriksa lebih dari 10 ribu sample baik PCR maupun swab antigen sesuai ketentuan terbaru Kementrian Kesehatan. Kini, Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit rujukan DIY tercatat penuh, dengan persentase 99,56 persen (1.369 dari 1.375).

Juru bicara satgas Covid-19 DIY, Bidang Kesehatan, Berty Murtiningsih mengatakan penambahan jumlah kasus terjadi karena puskesmas lebih banyak melakukan testing dan tracing kontak positif. Tes tak hanya dengan PCR saja namun juga swab antigen.

“Kasus kita saat ini lebih banyak kasus dalam keluarga. Misalnya satu ada yang positif, menularkan pada anggota keluarga lainnya. Kita melihat konyak eratnya sedikit,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI