Kaum Muda Penting Berinvestasi Saham Sejak Dini

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kaum muda penting mengawali investasi saham di pasar modal sejak dini. Berinvestasi di pasar modal tidak harus dengan menggunakan modal uang dalam jumlah besar. Demikian dikatakan Irfan Noor Riza SE MM (Kepala Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta) dalam webinar bertema ‘Yuk Belajar Investasi Saham’, Jumat (26/11/2021). Webinar diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FE UCY).

Webinar menghadirkan narasumber lain Kusuma Kampita Sari SKM (Praktisi Pasar Modal Executive Trainer PT Phintraco Sekuritas Cabang Yogyakarta). Hadir pula memberi sambutan Wakil Rektor 3 UCY Farid Iskandar SH SHi MH dan Dekan FE UCY Hanan Wihasto SE MM.

Menurut Irfan, untuk meningkatkan jumlah investor dalam negeri memasuk pasar modal, BEI menggagas program ‘Yuk Nabung saham’. Program ini merupakan bentuk kerja sama antara perusahaan efek, BEI, dan perguruan tinggi.

Melalui program ini kaum muda/mahasiswa diberikan fasilitas untuk merasakan bahwa berinvestasi di pasar modal tidak harus dengan menggunakan modal uang dalam jumlah besar. Bahkan hanya dengan modal awal Rp 100.000 mahasiswa sudah diperbolehkan untuk membuka rekening efek.

“Selanjutnya mahasiswa dapat lakukan pembelian saham perusahaan yang dirasa harganya sesuai dengan dana yang dimiliki secara berkala dan konsisten,” katanya.

Sedangkan Kusuma Kampita Sari menjelaskan mengenai instrument saham serta praktek invetasi saham. Peserta dipandu langsung untuk membuka tabungan saham, dan diberikan pemahaman terkait langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membeli saham.

Hanan Wihasto mengatakan, dalam waktu dekat FE UCY akan meluncurkan Galery Pasar Modal. Sehingga diharapkan melalui pelatihan ini dapat memberi pemahaman yang utuh bagi para mahasiswa dan mendorong mereka untuk mendalami lebih lanjut mengenai dunia invetasi. (Dev)

 

 

BERITA REKOMENDASI