Kawulo Jogja Istimewa Dukung GKR Hemas

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemberhentian sementara GKR Hemas sebagai anggota DPD RI oleh Badan Kehormatan (BK) karena tak hadir dalam 12 sidang paripurna mendapat perhatian masyarakat. Elemen masyarakat dari eksponen Kawula Jogja Istimewa menyampaikan dukungan pada Ratu Kraton Yogyakarta tersebut, Jumat (21/12/2018).

Drs Totok Sudarwoto, perwakilan dari Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia (LKNI) menyatakan langsung dukungan tersebut di hadapan wartawan seusai GKR Hemas menggelar jumpa pers menyikapi pemberhentian sementara. Totok mengungkap empat pernyataan yang bernada penolakan pada putusan BK DPD RI dan mendukung langkah Hemas menolak Osman Sapta Odang (OSO).

“Kami masyarakat dari Kawulo Jogja Istimewa menyatakan menolak keputusan BK DPD RI yang memberhentikan sementara GKR Hemas karena mengesampingkan fakta kebenaran alasan tidak hadirnya Hemas dalam sidang paripurna sebagai sikap menolak kepemimpinan inkonstitusional. Kami dukung GKR Hemas yang menolak kepemimpinan OSO yang inkonstitusional, diperoleh dengan melawan hukum,” ungkapnya.

Kawula Jogja Istimewa juga meminta BK DPD RI untuk mencabut keputusan pemberhentian sementara sekaligus memulihkan kehormatan GKR Hemas. “Kami menuntut BK DPD RI untuk meminta maaf pada GKR Hemas dan masyarakat DIY,” tegas dia.

Sebelumnya, GKR Hemas menyatakan bakal melawan keputusan pemberhentian sementara atas dirinya. Hemas bahkan menyatakan tak akan meminta maaf dan hadir dalam rapat paripurna sesuai permintaan BK DPD RI di bawah OSO. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI