Kebersihan Sungai, Cerminan Kehidupan Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai seorang prajurit, menjaga kelestarian alam sudah menjadi bagian dari tanggungjawabnya selain perperang mengangkat senjata. Prajurit selalu terpanggil untuk melindungi masyarakat dari berbagai macam ancaman, termasuk bencana alam. Jika lingkungan tak terjaga dengan baik, maka potensi besar bencana akan mengancam masyarakat.

“Sungai adalah cerminan hidup manusia. Jika sungainya bersih maka kehidupan masyarakat juga akan sehat baik secara fisik maupun pola pikirnya,” ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah di makodim setempat, Rabu (21/03/2018).

Menurutnya kebersihan sungai tak bisa menjadi tanggungjawab warga sekitarnya saja, namun seluruh masyarakat memiliki peran yang sama dalam melestarikannya. Jika diperlakukan dengan baik tentunya nanti alam dan sungai akan memberika dampak yang baik pula kepada masyarakat.

Hal itulah yang diprogramkan Dandim dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta di Kecamatan Umbulharjo. Nantinya kegiatan bersih-bersih sungai dan sosialisasi kepada masyarakat akan dilakukan para prajurit dalam kegiatan selama 40 hari tersebut.

“Selain kegiatan fisik pembangunan talud juga akan kami lakukan pembersihan sungaidengan mengajak warga. Tujuannya agar warga menyadari akan pentingnya kebersihan sungai bagi kehidupan masyarakat,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI