Kebutuhan Tenaga Kerja Pariwisata Sangat Tinggi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Permintaan tenaga kerja di bidang pariwisata, khususnya dunia usaha perhotelan dan restoran terus meningkat. Potensi ini menjadi peluang yang bagus bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan karena kebutuhannya selalu meningkat.

"Seperti diketahui, sektor pariwisata sedang menjadi andalan dan tren di Indonesia maupun internasional. Sektor-sektor yang mendukung, seperti perhotelan dan restoran butuh Sumberdaya manusia (SDM) yang banyak. Bahkan kami seringkali kewalahan untuk mencukupinya," terang Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan The Principal De Access Hotel and Culinary Training Gantara Praditya sela melakukan kejasama dengan Lembaga Sertifikasi Usaha Profesi (LSP) Pariwisata DIY di kantornya Jalan Srigunting 20 Yogyakarta, Selasa (27/03/2018).

Namun demikian lanjut Gantara, kebutuhan tersebut tidak serta merta bisa dipenuhi. Sebab tenaga kerja harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diperlukan dan menjadi syarat wajib untuk memasuki dunia kerja.

"Sebab kompetensi dari karyawan akan mendukung sertifikasi terhadap tempat kerjanya. Karena itu meski permintaan tinggi, kami tidak mau asal-asalan. Tenaga kerja yang kami siapkan harus punya sertifikasi. Tidak sebatas bisa bekerja, tapi benar-benar berkompeten di bidangnya," tegas Gantara.

Terpisah Direktur Eksekutif LSP Pariwisata DIY Hairullah Gazali menjelaskan, aturan sertifikasi bagi tenaga kerja ini sudah selaras dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Karena itulah pihaknya siap mendampingi lembaga, institusi maupun perseorangan yang ingin mendapatkan sertifikasi kompetensi di bidang pariwisata. (Feb)

BERITA REKOMENDASI