Kedepankan Kejujuran, Jangan Percaya Oknum‎ Bisa Meluluskan

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 6.188 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemda DIY dinyatakan lolos seleksi administrasi, sehingga berhak untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Adapun untuk pelaksanaan SKD rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 7 Februari sampai 9 Februari mendatang di Gedung Graha Wana Bhakti Yasa Jl Kenari No 14 Umbulharjo. 

"Sesuai dengan kesepakatan bersama pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar  akan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT). ‎Supaya layanannya bisa optimal, dalam sehari sengaja kami bagi dalam 5 sesi. Dimana dalam setiap sesinya diikuti sebanyak 525 peserta,"kata
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto di ruang kerjanya, Kamis (30/1/2020).

Agus mengungkapkan, ‎sejumlah persiapan untuk mendukung kesuksesan seleksi CPNS Pemda DIY, saat ini sudah bisa dikategorikan masuk tahap final. Apalagi sesuai dengan kesepakatan dalam seleksi CPNS tahun 2019 Pemda DIY memutuskan untuk mandiri. Sehingga semua peralatan yang dibutuhkan, seperti gedung, laptop (komputer), kursi, meja serta perlengkapan pendukung lainnya disiapkan Pemda DIY. Bahkan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, selain 525 laptop (komputer), panitia juga menyediakan 25 komputer untuk cadangan. Semua itu dilakukan supaya peserta bisa fokus saat mengerjakan soal ujian.

"Meski gedung dan peralatan pendukung untuk seleksi CPNS disiapkan oleh Pemda DIY. Tapi untuk soal-soal ujiannya langsung dibuat oleh pusat (model CAT) sehingga kerahasiaannya diharapkan lebih terjamin. Supaya peserta ujian bisa fokus dan tidak terlambat, selain memperhatikan jadwal yang sudah ada, kami sarankan bisa datang 1 jam sebelumnya," terang Agus. 

Kepala BKD DIY menegaskan,‎seleksi CPNS dilakukan secara murni dan obyektif. Oleh karena itu pihaknya meminta‎ agar calon peserta seleksi CPNS senantiasa mengedepankan rasa percaya diri dan kejujuran. Guna mewujudkan hal itu, Agus mengimbau agar para pendaftar CPNS tidak mudah percaya terhadap pihak yang menawarkan bisa membantu lolos seleksi. Karena tes CPNS 2019 menggunakan  sistem CAT yang sangat transparan dan hasilnya bisa langsung diketahui begitu peserta selesai mengerjakan soal. Sehingga kemungkinan terjadinya kebocoran cukup kecil. (Ria)

BERITA REKOMENDASI