Kegiatan OLY, Latih Pramuka Agar Terampil Berkomunikasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Dukom (Dukungan Komunikasi), merupakan salah satu kegiatan Orari Lokal Yogyakarta (OLY) terkait sosial kemasyarakatan. Salah satu aksi nyatanya yakni Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) yang merupakan kegiatan dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa mengembangkan kepemimpinan dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat. 

Pengurus dan Humas OLY Y Sri Susilo menerangkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang edukatif, kreatif, prestatif, inovatif, patriotisme, pengembaraan serta mengangkat budaya. Menurutnya, tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan ke-48 dengan mengusung tema Membangun Persaudaraan Bakti Pramuka Kota Yogyakarta yang Berbudaya dan Berjiwa Patriotisme. 

"Dalam kegiatan ini, kami juga menggunakan slogan kegiatan Nguri-uri, Nyawiji, Migunani. Rute yang akan ditempuh adalah Rute Perjuangan Sultan Agung, dimulai dari Lapangan Karang Kotagede, Banguntapan, Pleret, Imogiri, Jetis, Bambanglipuro, Pandak, Bantul, Sewon, Mergangsan, Umbulharjo dan berakhir di Balaikota Yogyakarta," terang Y Susilo dalam siaran persnya kepada KRJOGJA.com, Senin (23/12/2019) malam.

Ketua OLY Rifqi Rizal menambahkan, Orari Lokal Kota Yogyakarta (OLY) dengan Team CORE (Communication and Rescue), ikut berpartisipasi dalam kebiatan PDT dengan memberikan dukungan komunikasi, berupa backup komunikasi apabila terjadi permasalahan dalam komunikasi. "Sistem komunikasi yang digunakan dalam Dukom ini diantaranya adalah penerapan teknologi PTT On Celluler (POC)," papar Rifqi. 

Selain dukungan komunikasi, Team CORE juga memberikan pembelajaran kepada anggota Pramuka yang bertindak sebagai operator di Pusat Komunikasi (Central Communication). Menurut Rifqi, dengan pembelajaran tersebut, anggota Pramuka yang berada di lapangan dapat mengatur alur komunikasi dan berkomunikasi dengan baik. “Dukom dalam Kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) ini adalah salah satu bentuk kemitraan Orari Lokal Kota Yogyakarta dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta, dengan harapan kedepan akan muncul kader anggota Orari handal, yang datang dari anggota Pramuka," pungkas Riqki. (Aha)

BERITA REKOMENDASI