Kejari Bantul Gelar ‘Sidang Online’ Kasus Anak Hari Ini

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) bersama Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Jumat (27/3) menyidangkan kasus anak secara online dengan cara video conference di tengah wabah virus korona. Dalam persidangan itu mulai pembacaan dakwaan hingga pembacaan tuntutan.

Kajati DIY Dr Masyhudi didampingi Plh Kajari Bantul Jefferdian SH MH menjelaskan, dalam persidangan secara video conference ini, hakim berada di PN, jaksa di kejaksaan dan terdakwa di rutan. Sidang perkara pencurian yang dilakukan dua anak ini dengan agenda pembacaan dakwaan, pemeriksaan saksi, pemeriksaan terdakwa, tuntutan, pembelaan, replik dan duplik.

“Dalam sidang ini ada dua terdakwa dan tiga saksi. Untuk saksi berada di Kejari Bantul tapi beda ruangan dengan jaksa penuntut umum. Persidangan ini mulai pembacaan dakwaan hingga tuntutan,” jelasnya.

Menurutnya, kemarin baru satu perkara yang disidangkan. Rencananya Senin (30/3) mendatang ada enam perkara yang disidangkan secara online dengan cara video conference.

“Hari ini baru ada satu perkara. Senin depan akan ada enam perkara yang disidangkan, tuturnya.

Plh Kajari Bantul Jefferdian menambahkan, sidang secara online dengan cara vidoe conference ini menindaklanjuti perintah pimpinan untuk mencegah penyebaran virus korona. Dalam sisi lain, pelayanan hukum bagi pencari keadilan harus tetap berjalan.

“Sidang secara online atas kesepakatan antara Kejari Bantul, PN Bantul dan Rutan Bantul. Selain itu juga ada penetapan sidang oleh hakim sehingga sudah sesuai aturan,” tambah pria yang juga menjabat Aspidsus Kejati DIY ini. (Sni)

BERITA REKOMENDASI