Kelapa Wulung Dipercaya Matikan Virus Covid-19, Ini Khasiat Lainnya

Editor: KRjogja/Gus

KRJogja.com – Pandemi Covid-19 memberi berkah terhadap pasangan Suwadi/Kuwati. Penduduk desa Karang kecamatan Juwana meraup puluhan jutaan rupiah perharinya, karena menjual degan bakar, yang dipercaya bisa menyembuhkan sakit covid-19.

Puluhan hingga ratusan orang dari Jaken, Pucakwangu, Winong, Batangan, Jakenan dan Juwana sendiri, setiap hari menyerbu warung milik Kuwati, yang berlokasi didepan balai desa Karang. Pembeli dipastikan tidak mungkin bisa langsung membawa pulang degan kalau tidak mau antre dulu.

Kuwati sudah lama berjualan degan. Jualannya laris karena degan yang dijual, diambilkan dari Jepara, Pati utara dan Rembang. Degan tersebut memiliki rasa manis atau asin. Namun saat terjadi musibah pandemi Covid19, Kuwati mengaku sering mendapat permintaan khusus dari pelanggannya. Yaitu minta disediakan degan yang bisa untuk mengobati virus corona.

“Lalu kami mendatangkan kelapa muda (degan) wulung dari daerah Kebumen, Purworejo dan Cilacap” ujar Kuwati, Senin (28/6).

Degan kemudian dibakar selama tiga jam. Setelah itu dicampur dengan ramuan rempah. Lalu diseduh dengan jahe, susu, madu, serai, gula batu, dan gula aren.

“Air kelapa bakar dicampur dengan ramuan rempah, terus diminum. Ini dipercaya bisa mematikan virus corona” tutur Kuwati.

Kisah pasangan Suwadi/Kuwati diatas membuktikan bahan-bahan alami mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, kelapa wulung atau kelapa merah ternyata menyimpan khasiat yang tidak kalah dengan kelapa pada umumnya. Dari sisi manfaat air kelapa wulung tidak kalah dengan buah sejenis pada umumnya.

Kelapa wulung berbeda dari jenis buah kelapa lainnya, dan lumayan sulit ditemukan dibandingkan kelapa hijau yang biasanya kamu konsumsi ketika sedang keracunan makanan atau sekadar menjaga kesehatan pencernaan.

Cara mudah membedakan kelapa wulung adalah serabutnya yang berwarna merah muda. Pada umumnya kelapa memiliki serabut berwarna putih. Ciri khas kelapa wulung ini membuatnya banyak orang menyebutnya sebagai kelapa merah dan senantiasa dicari untuk dijadikan sebagai obat.

Dikutip dari Dream.co.id, kesegaran air kelapa wulung tidak kalah kok dengan air kelapa pada umumnya. Perbedaannya dengan kelapa hijau adalah daging buahnya memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan kelapa muda yang biasanya.

Khasiat kelapa wulung untuk kesehatan dikarenakan buah ini memiliki kandungan protein, glukosa, tanin, serat, sakrosa, fruktosa, dan asam amino. Kesemua kandungan inilah yang bisa kamu andalkan untuk mendukung kesehatan tubuhmu.

Selain dipercaya mampu menyembuhkan sakit setelah terinfeksi virus covid-19, berikut adalah rangkuman khasiat lainnya seperti dilansir dari berbagai sumber.

Penuaan dini atau mengalami tua sebelum waktunya adalah salah satu masalah yang banyak dikhawatirkan oleh sebagian besar perempuan. Kondisi ini ditandai dengan munculnya kerutan yang bisa menurunkan penampilanmu. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengandalkan air kelapa wulung.

Diketahui bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam kelapa wulung mampu untuk meregenerasi sel-sel di tubuh secara lebih cepat. Sehingga keriput di wajahmu bisa berkurang dan wajah pun akan lebih awet muda.

Membuat awet muda

Setiap perempuan pasti ingin sekali memiliki kulit yang kencang dan sehat. Kulit yang kencang bisa membuat penampilanmu lebih sempurna dan pastinya lebih percaya diri karena kulit tidak lagi mengendur. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi air kelapa wulung.

Adanya kandungan berupa nutrisi serta gula pada kelapa wulung mampu untuk membuat kulitmu lebih kencang. Selain itu, kandungan lainnya berupa asam amino juga bisa menjadikan kulitmu tampak lebih cerah.

Cara menggunakannya adalah dengan dikonsumsi airnya secara langsung atau bisa juga dengan mencuci wajahmu dengan air kelapa wulung yang menyegarkan. Setelah pemakaian rutin, cobalah kamu lihat kemajuan apa yang terjadi pada wajahmu.

Obat Keracunan

Manfaat air kelapa wulung yang pertama adalah untuk mengatasi keracunan. Inilah khasiat yang banyak diketahui ketika ada orang yang mengalami keracunan, maka akan segera dicarikan kelapa merah ini. Diketahui bahwa kelapa wulung memiliki kandungan berupa tanin yang kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelapa pada umumnya.

Melalui kandungan tanin inilah yang kemudian ampuh dalam mengatasi keracunan. Oleh karena itu, sebagai pertolongan pertama pada orang yang mengalami keracunan, baik itu keracunan disebabkan oleh makanan maupun obat, maka kamu bisa memberikannya air kelapa wulung.

Racun pun akan langung dinetralisir dengan segera dan memulihkan orang yang keracunan agar tidak semakin parah kondisinya.

Seimbangkan pH Tubuh

Saat mengalami dehidrasi, biasanya tubuh seseorang akan lemas karena kurangnya cairan di tubuh. Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya. Keistimewaan dari air kelapa wulung ini adalah bisa membuat pH di tubuhmu menjadi seimbang.

Jika pH di tubuhmu seimbang, maka hal ini bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi serta tubuh juga lebih terjaga dari serangan berbagai virus. Dengan begitu, tubuhmu pun akan lebih sehat.

Turunkan Kolesterol

Selain untuk mengatasi keracunan, manfaat air kelapa wulung lainnya adalah untuk menurunkan kolesterol di tubuh. Hal ini karena adanya kandungan berupa protein dan serat yang lebih tinggi daripada kelapa muda yang biasanya kamu konsumsi.

Melalui kandungan serat inilah yang mampu untuk memusnahkan keberadaan lemak-lemak jahat di dalam tubuhmu yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan kelapa wulung ini sebagai bagian dari program untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kamu bisa mengurangi jumlah kolesterol yang ada di tubuh dan itu berarti semakin menjauhkan kamu dari berbagai penyakit berbahaya.

Dijadikan Sebagai Diuretik

Manfaat air kelapa wulung lainnya adalah dapat dijadikan sebagai diuretik. Diketahui bahwa kelapa jenis ini bisa memenuhi kebutuhan elektrolit esensial untuk tubuhmu. Di mana hal tersebut sangat baik sebagai penenang untuk usus.

Tidak hanya itu saja, air kelap wulung juga ampuh dalam membersihkan ginjal serta melancarkan urine. Dengan begitu, kamu pun akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mengganggu organ ginjal.

Mendukung Program Diet

Manfaat air kelapa wulung yang terakhir adalah bisa membantumu yang sedang menjalankan program diet. Kelapa wulung diyakini bisa mendukungmu untuk menurunkan berat badan.

Rasanya yang sudah manis, membuatmu tidak perlu menambahkan gula lagi. Kamu hanya perlu mengonsumsi kelapa wulung sebelum melakukan aktivitas dan hal ini bisa untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. (*)

BERITA REKOMENDASI