Kelompok Wanita Tani Studi Banding Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga Kelompok Wanita Tani (KWT) dari Kecamatan Gamping Sleman yaitu KWT Annaba, KWT Ngudi Makmur dan KWT Agropolitan Mekar Hijau melakukan kunjungan ke agribisnis center Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Jurluhtan Yogyakarta, Senin (16/04/2018). Selain itu studi banding juga dilakukan dengan mengunjungai rumah Suharno, dosen STPP di dusun Klero, Prambanan, Sleman yang juga sekaligus Ketua Kelompok Tani.

Rombongan dipimpin Dedi Hermansyah, mahasiswa STPP Jurluhtan Yogyakarta. Kegiatan  kunjungan dan studi banding ini dilakukan dalam rangka penyuluhan pertanian untuk penyelesaian Karya Ilmiah Penugasan Akhir (KIPA) mahasiswa.

Di STPP rombongan yang berjumlah 30 orang ini diterima Ketua Jurusan Penyuluhan Pertanian R Hermawan SP MP. Kunjungan di Agribisnis Center STPP untuk melihat hidroponik yang diusahakan mahasiswa Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) STPP yaitu Dirja Sitepu dan kawan-kawan.

Sedang di rumah Suharno, rombongan melihat integrated farming yakni berupa tanaman-tanaman, kolam dan peternakan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada. Berbagai tanaman buah, antara lain markisa, kelengkeng dan lainnya serta berbagai tanaman hias.

Dari kegiatan kunjungan dan studi banding ini diharapkan para peserta dalam memanfaatkan lahan pekarangan yang ada. "Sehingga selain hasil dari pekarangan selain sebagai bahan pangan, juga dapat menambah penghasilan," kata Dedi.

Hermawan menambahkan kunjungan dan studi banding ini yang penting yakni tindak lanjut nya di pekarangan rumah masing masing. "Jangan sampai setelah melakukan studi banding dan kunjungan, ilmu yang didapat hanya disimpan. Sebaiknya ilmu yang didapat juga diterapkan," kata Hermawan. (*)

BERITA REKOMENDASI